Mengobati Ikan yang Terserang Penyakit Kutu Jarum

Kutu jarum ataupun kutu jangkar merupakan jenis parasit berukuran besar yang sering menyerang ikan hias, terutama ikan arwana. Sebutan kutu jarum didapat dari bentuk tubuhnya yang memang menyerupai jarum yang menempel pada tubuh ikan.

Sumber: hewanpedia.com 

 

Ikan yang terserang penyakit ini akan menunjukkan reaksi tak biasa, yakni akan cenderung menggesekkan bagian tubuhnya ke dinding dan dasar akuarium. Jika ikan anda sudah menunjukkan reaksi tersebut, maka sebaiknya anda bergegas untuk memeriksanya serta melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk membebaskan ikan anda dari jeratan kutu jarum.

 

1. Perhatikan Tubuh Ikan

Setelah ikan menunjukkan sikap yang aneh, langkah selanjutnya adalah memeriksa sekujur tubuh ikan untuk mengetahui adanya kemungkinan ikan terserang oleh kutu jarum.

 

Jika ikan memang terserang oleh kutu jarum, maka akan ditemukan sesuatu yang mirip seperti jarum menempel sirip ikan berwarna coklat agak kelabu dengan panjang 6 mm.

 

2. Cabut Kutu dengan Pinset

Setelah keberadaan kutu jarum terindentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah mencabut parasit tersebut dari tubuh ikan menggunakan pinset. Dalam mencabut parasit tersebut, anda dituntut untuk berhati-hati, karena jika terburu-buru maka kulit ikan bisa berisiko robek.

 

Pastikan bahwa kepala dari kutu jarum tidak tertinggal pada tubuh ikan, karena apabila dibiarkan tetap menempel akan menyebabkan infeksi pada ikan. Untuk anda dituntut untuk teliti dalam mencabut kutu jarum tersebut.

 

3. Memberi Antibiotik

Setelah kutu jarum berhasil dicabut, sebaiknya anda dengan sigap memberikan antibiotik pada bagian tubuh ikan yang terluka akibat gigitan parasit tersebut agar tidak menyebabkan infeksi lanjutan.

 

4. Bersihkan Akuarium

Parasit dapat hidup dengan baik pada akuarium yang tidak terjaga kebersihannya. Untuk itu, demi menghindari terulangnya serangan dari kutu jarum, maka sebaiknya bersihkan akuarium anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasukkan ikan yang sudah diobati ke dalamnya.

 

 

 

Baca Juga:

 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon