5 Poin Penting dalam Memelihara Udang Hias di Akuarium

Udang hias termasuk ke dalam komoditi populer di kalangan pecinta aquascape. Hewan ini tidak hanya memiliki warna tubuh yang indah, melainkan juga berjasa dalam mempertahankan kebersihan akuarium dengan memakan algae yang ada.

Sumber: majalahasri.com 

 

Dalam memelihara udang hias,  anda dituntut untuk selalu menciptakan kondisi lingkungan yang optimal agar udang dapat hidup normal dan panjang umur. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memelihara hewan cantik ini.

 

Kondisi Air

Banyak udang hias dapat hidup dalam air tawar dengan kadar ph 6,8 sampai 8, atau dapat dikatakan dalam keadaan netral. Apabila kondisi air dalam keadaan asam maupun basa, maka udang akan lebih mudah mengalami stres dan akhirnya mati. Tingkat kesadahan air juga harus berada pada 3-15 dkh dengan suhu optimal 14-30 derajat celsius.

 

Alas Akuarium

Akuarium yang baik bagi udang hias harus memiliki alas yang halus. Untuk itu pilihlah pasir yang halus sebagai pengisi alas akuarium, dan jangan menggunakan kayu ataupun batu. Hal ini dilakukan agar udang dapat bergerak dengan leluasa.

 

Pakan

Pemilihan pakan juga merupakan kunci keberhasilan dalam memelihara udang hias ini. Pada umumnya, udang hias menyukai pakan hijau, namun beberapa jenis udang hias juga diketahui suka dengan pakan berbahan dasar daging. Pakan diberikan dalam bentuk tablet maupun serpihan.

 

Karakter dan Ukuran

Memadukan beberapa udang hias dengan ukuran yang sama dalam akuarium tidak akan menimbulkan masalah. Idealnya, 10 sampai 20 ekor udang hias sejenis dapat hidup beriringan dalam akuarium berukuran 2,5 galon. Apabila ingin mencampurkan beberapa jenis udang sebaiknya kenali dulu karakternya. Contohnya adalah udang berlengan panjang (Macrobrachium spp), termasuk udang agresif yang cenderung memangsa udang dengan ukuran yang lebih kecil.

 

Penggabungan dengan Ikan

Sebaiknya jangan menggabungkan udang hias dengan ikan yang memiliki ukuran besar, karena ikan tersebut akan menjadikan udang hias sebagai santapannya. Jika ingin menggabungkan ikan dan udang hias, maka pilihlah ikan dengan ukuran yang selaras dengan udang hias yang ada.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon