Kandungan Gizi pada Telur Ikan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

March 28, 2019

Olahan telur ikan sering dijumpai di restoran sushi. Biasanya, telur ikan digunakan sebagai topping yang diletakkan tepat di atas sushi. Telur ikan yang biasa digunakan pada suhsi adalah telur ikan salmon yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

 

Lantas, apakah telur ikan-ikan konsumsi lainnya, seperti kakap,, gurame, ikan mas dan lain sebagainya tidak bergizi? Jawabannya adalah tidak. Pada dasarnya, semua ikan konsumsi memiliki kandungan gizi di setiap telurnya.

Sumber: hellosehat.com

 

Namun, yang harus dipahami adalah beda jenis ikan, tentu kandungan nutrisi pada telurnya juga berbeda. Tapi, jika disimpulkan secara garis besar nutrisi yang terkandung pada telur ikan cenderung sama. Berikut ini beberapa nutrisi yang biasa terkandung dalam telur ikan.

 

Protein

Ikan dikenal sebagai makanan sumber protein tinggi. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa telur ikan juga mengandung protein. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli dari IPB pada ikan kakap, mengungkapkan bahwa dalam 100 gram telur ikan kakap, terdapat 24-30 gram protein.

 

Protein yang terkandung pada telur ikan ialah asam amino yang bermanfaat dalam memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan antibodi serta membantu proses penyerapan kalsium pada tubuh.

 

Asam Lemak Omega 3

Telur ikan juga mengandung asam lemak omega3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Dari beberapa jenis ikan, telur ikan salmo diketahui yang paling tinggi mengandung asam lemak omega 3.  Selain bermanfaat dalam menjaga jantung tetap sehat, asam lemak omega 3 juga berperan aktif dalam mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol.

 

Selenium

Kandungan selenium pada telur ikan juga sangat berguna bagi kesehatan. Nutrisi ini nantinya akan bekerjasama dengan vitamin E dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat dari paparan radikal bebas.

 

Vitamin B12

Kandungan vitamin B12 pada telur ikan berguna bagi kesehatan otak. Selain itu, bubuh juga membutuhkan vitamin B12 untuk membantu proses pembentukan sel darah merah serta memaksimalkan fungsi asam lemak dengan baik.

 

Vitamin D dan Mineral

Telur ikan juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan agar tulang semakin kuat. Selain itu, mineral lain yang membantu menguatkan tulang adalah kalsium, magnesium, dan zat besi.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon