5 Jenis Udang Hias yang Dapat Memperindah Tampilan Akuarium

March 27, 2019

Udang dikenal sebagai komoditi tambak yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Melekatnya kata tambak pada udang membuatnya seakan tidak cocok jika dijadikan sebagai hewan hias.

 

Ternyata, anggapan tersebut sepenuhnya salah. Sebab, beberapa jenis udang diketahui memiliki warna yang indah, sehingga sangat pas bila dipelihara dalam akuarium dan disandingkan dengan ikan-ikan hias.

 

Namun,sebelum memutuskan untuk melakukan pencampuran antara udang dan ikan, sebaiknya anda pastikan bahwa ikan yang ada di dalam akuarium tidak memiliki sifat predator. Sebab, ikan predator bisa menjadi ancaman bagi udang hias.

 

Berikut ini 5 jenis udang hias dengan warna tubuh paling indah.

 

1. Red Cherry Shrimp

Sumber: medium.com

 

Nama udang ini diambil dari warna tubuhnya yang merah bagaikan buah ceri. Udang dengan nama ilmiah Neocaridina davidi ini memiliki panjang tubuh 2-3 cm, dan dapat dikatakan bahwa udang ini tergolong cukup kecil.

 

Udang ini termasuk jenis udang yang paling diminati oleh para pecinta aquascape karena tidak hanya dari warnanya, udang ini juga memiliki harga yang relatif murah serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

 

2. Blue Diamond Shrimp

Sumber: medium.com

 

Udang yang satu ini memiliki perpaduan warna yang tergolong cukup apik, yaitu warna biru terang dan biru gelap di sekujur tubuhnya. Ukuran tubuh udang ini juga tergolong kecil, sehingga membuatnya sekilas terlihat memiliki nuansa seperti berlian.

 

3. Black Rili Shrimp /  Carbon Rili Shrimp

Sumber: medium.com

 

Udang ini diketahui masih memiliki hubungan saudara dengan Red Cherry Shrimp. Dengan warna tubuh hitam pada bagian depan, dan transparan berbintik hitam pada bagian belakangnya kemudian dilanjutkan dengan warna hitam di bagian ekornya membuat udang ini terlihat menarik.

 

4. Amano Shrimp

Sumber: medium.com

 

Amano Shrimp memiliki warna tubuh bening transparan, namun terlihat elegan. Tidak hanya warna tubuhnya yang menarik untuk dipandang, udang dengan nama latin Caridina multidentata juga memiliki nafsu makan yang cukup besar. Makanan utama udang ini adalah alga, jadi dengan memeliharanya ternyata cukup membantu dalam membersihkan akuarium.

 

5. Green Jade Shrimp

Sumber: medium.com

 

Dari namanya kita bisa membayangkan bahwa udang ini akan memiliki warna hijau yang pekat mirip seperti batu giok. Untuk menikmati keindahan udang ini secara maksimal, anda sebaiknya tidak memenuhi akuarium dengan tanaman hijau. Udang ini terkenal cukup mudah untuk dipelihara, dan sangat cocok bagi para pemula yang mulai terjun ke dalam dunia aquascape.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon