Laut Nusantara, Aplikasi Android untuk Nelayan Indonesia

March 23, 2019

Indonesia dikenal dengan sebagai negara dengan wilayah lautan yang luas. Maka tak heran jika Indonesia juga disebut sebagai negara maritim. Hal ini tentu menjadikan nelayan sebagai salah satu profesi utama di Indonesia.

 

Namun, saat ini kondisi laut sering tak menentu sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para nelayan. Oleh karena itu, melihat potensi dan kebutuhan teknologi informasi di sektor perikanan, Balai Rriset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan XL Axiata berkolaborasi bersama dengan meluncurkan sebuah aplikasi androin yang dapat membantu meningkatkan produktivitas serta keamanan kerja nelayan Indonesia.

Sumber: play.google.com 

 

Aplikasi tersebut diberi nama Laut Nusantara yang dapat mengakses segala informasi terkini terkait laut Indonesia. Kepala BROL, I Nyoman Radiarta mengungkapkan bahwa aplikasi ini juga menyediakan peringatan keselamatan bagi para nelayan yang sedang melaut.

 

Laut Nusantara juga memberikan informasi terkait arah dan ketinggian gelombang laut dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, sehingga memudahkan nelayan dalam menentukan arah yang aman untuk dituju saat berada di laut.

 

Tidak hanya itu, sebelum berangkat melaut, nelayan juga sudah bisa mengakses segala informasi terkait cuaca yang ada di perairan, seperti arah angin, kecepatan angin, curah hujan serta kondisi cuaca lainnya. Setelah mengetahui kondisi cuaca, aplikasi ini kemudian memberikan anjuran aman tidakkah nelayan melaut di waktu tersebut.

 

Nyoman juga membeberkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas dengan menginformasikan daerah perikanan dengan tangkapan yang bagus. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu nelayan dalam menghitung jumlah BBM yang dibutuhkan untuk menuju titik tangkapan ikan. Nelayan juga dapat memantau informasi realtime terkait harga ikan di pelabuhan.

 

Sudah saatnya nelayan kita meninggalkan metode tradisional oseanografi. Kini saatnya, nelayan kita bisa menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas”, ujar Nyoman.

 

 Aplikasi Laut Nusantara saat ini sudah bisa diunduh di Play Store dan dapat dinikmati oleh pengguna operator lain selain XL. Aplikasi ini juga memiliki fitur berupa perbaruan otomatis terkait data dari BROL, sehingga nelayan akan selalu mendapatkan informasi terbaru.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon