Memperpanjang Usia Ikan Mas Koki agar Tidak Cepat Mati

March 21, 2019

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara oleh pecinta ikan. Hal ini karena selain warna tubuhnya yang indah, harga ikan koki juga relatif terjangkau.

 

Namun, banyak orang yang memelihara ikan koki merasa bahwa ikan tersebut tidak memiliki umur yang panjang. Pasalnya, baru beberapa minggu dipelihara ikan ini malah mati. Inilah yang menjadi suatu permasalahan bagi para pecinta ikan hias terutama ikan mas koki.

Sumber: tribunnew.com 

 

Untuk itu, pada tulisan kali ini kami sedikit mengulas mengenai beberapa trik yang bisa anda lakukan demi meningkatkan masa keberlangsungan hidup ikan mas koki, sehingga keindahannya dapat dinikmati lebih lama.

 

Penggunaan Wadah

Sebagian orang gemar memelihara satu atau dua ekor ikan mas koki di dalam wadah kendi kaca agar terlihat memiliki kesan artistik. Namun, meletakkan dua ikan dalam wadah kecil bukanlah pilihan yang tepat, pasalnya hal itu akan membuat ikan merasa kurang nyaman. Belum lagi, ikan semakin hari akan semakin bertambah besar, sehingga wadah kecil tersebut akan semakin terasa sempit.

 

Wadah kecil tersebut juga menyebabkan ikan akan kesulitan dalam memperoleh oksigen, sehingga hal ini dapat menimbulkan stres pada ikan yang berujung pada kematian. Untuk itu, sebaiknya ikan dipindahkan ke dalam akuarium yang lebih besar agar ikan dapat hidup tenang dan nyaman.

 

Lampu

Penggunaan lampu pada akuarium juga dinilai mampu untuk mengurangi tingkat stres pada ikan mas koki. Penerangan yang cukup memungkinkan ikan untuk dapat melihat lingkungan sekitar yang membuatnya dapat lebih tenang.

 

Air

Air merupakan komponen utama yang berperan penting dalam kehidupan ikan mas koki. Untuk itu, anda wajib menjaga kestabilan air, baik dari segi kebersihan maupun kadar oksigennya, sehingga ikan tetap hidup dalam keadaan sehat.

 

Pergantian Air

Akuarium biasanya dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk menjaga kebersihan air, namun kinerja filter juga tidak 100 persen akurat. Pasti, akan ada kotoran-kotoran yang dapat masuk dan mencemari air akuarium. Untuk itu, pergantian air juga harus rutin dilakukan agar air senantiasa dalam keadaan bersih.

 

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan pada ikan mas koki biasanya berupa pellet yang terbuat dari bahan organik seperti tumbuhan ataupun daging. Pemberian pakan juga dilakukan secukupnya dan dalam keadaan tidak berlebihan, agar pakan dapat dimakan semuanya oleh ikan sampai tak tersisa sehingga dapat digunakan dalam proses perkembangannya.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon