Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Gabus

March 21, 2019

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia demi memenuhi kebutuhan pasar yang cukup tinggi. Pada proses budidaya ikan gabus, salah satu hal yang perlu untuk dipahami adalah proses pemilihan ikan gabus jantan dan betina. Untuk itu, anda perlu memahami cara untuk membedakan jenis kelamin ikan gabus antara yang jantan dan betina.

Sumber: kangjamal.com 

 

Membedakan jenis kelamin ikan gabus penting dilakukan agar proses pemijahan dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Kondisi munculnya telur dapat terjadi karena campuran indukan jantan dan betina. Jika keliru, dan mencampurkan indukan dengan jenis kelamin yang sama, maka telur tidak akan tercipta.

 

Berikut ini kami ulaskan untuk anda beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membedakan ikan gabus jantan dan betina.

 

1. Bentuk Kepala

Bentuk kepala ikan gabus, menjadi satu bagian yang dapat dilihat perbedaannya antara yang jantan dan betina. Bentuk ikan gabus jantan cenderung oval sedangkan yang betina lebih bulat. Kondisi kepala keduanya memang sulit dibedakan secara sekilas, namun anda tidak perlu panik karena masih banyak perbedaan lainnya yang bisa diamati lebih lanjut.

 

2. Warna Tubuh

Warna tubuh ikan gabus jantan dan betina juga memiliki perbedaan. Untuk gabus betina, warna tubuhnya akan lebih terang, sedangkan gabus jantan warna tubuhnya cenderung lebih gelap. Untuk dapat membedakannya, anda memerlukan pencahayaan yang sama dan merata pada keduanya.

 

3. Ada atau Tidaknya Telur

Perbedaan selanjutnya ialah terletak dari ada atau tidaknya telur pada ikan gabus tersebut. Jelas, bahwa ikan gabus betina akan mengeluarkan telur saat bagian perutnya diurut, sementara gabus jantan menunjukkan kondisi yang sebaliknya.

 

4. Perut Ikan

Kondisi perut ikan antara gabus jantan dan betina merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan perbedaan. Gabus betina memiliki perut yang lebih besar, karena juga berfungsi sebagai tempat menampung telur dan sedikit lebih lembek. Sementara gabus jantan memiliki perut yang lebih ramping dan agak keras.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon