4 Jenis Ikan Louhan Lokal yang Layak untuk Dipelihara

March 20, 2019

Ikan louhan merupakan ikan hias yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Keunikan dari ikan ini adalah ia memiliki bentuk dahi yang besar dan menonjol ke depan. Selain, banyak juga yang mengatakan motif yang ada di tubuh ikan louhan mirip seperti tulisan ataupun huruf china. Semakin menonjol dahinya serta semakin jelas motif tubuhnya, maka ikan louhan akan memiliki harga yang semakin tinggi.

 

Sebagai pecinta ikan hias terutama ikan louhan, mengetahui jenisnya menjadi suatu kebutuhan dan merupakan hal yang perlu dipahami. Untuk itu, kami ulaskan untuk anda beberapa jenis ikan louhan lokal yang layak untuk anda pelihara.

 

1. Louhan Kamfa

Sumber: infoikan.com

 

Jenis ikan louhan yang pertama adalah luhan kamfa. Sebenarnya ikan louhal ini berasal dari Malaysia, namun keberadaannya sudah cukup lama di Indonesia sehingga sudah dianggap sebagai ikan lokal. Ciri khas dari ikan louhan ini corak pada bagian kepalanya berwarna merah dan didominasi warna silver pada seluruh tubuhnya.

 

2. Louhan Cencu

Sumber: infoikan.com

 

Ikan louhan cencu tidak begitu familiar di kalangan pecinta ikan hias, namun keindahannya patut dihargai mahal. Ikan louhan cencu sering disamakan dengan louhan kamfa karena warna merahnya. Bedanya adalah louhan cencu tidak memiliki warna silver.

 

3. Louhan Bonsai

Sumber: infoikan.com

 

Bonsai identik dengan kondisi dan ukuran yang cebol. Sama halnya ikan louhan bonsai ini yang memiliki ukuran tubuh yang berbeda dari ikan louhan jenis lainnya. Namun, di balik bentuk tubuhnya yang tidak biasa itu, ikan louhan ini dapat berenang lebih cepat. Dahinya juga terlihat menonjol sempurna, sehingga membuatnya terlihat seperti ikan louhan sejati.

 

4. Louhan SRD

Sumber: infoikan.com

 

Ikan louhan ini merupakan ikan louhan dengan dahi yang paling besar di antara jenis louhan lainnya. Warna tubuhnya juga terbagi menjadi dua, yaitu warna merah di bagian atas dan warna kuning di bagian bawah, sedangkan dahinya cenderung berwarna merah tua.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon