3 Penyakit Ikan yang Dapat Diobati dengan Methylene Blue

March 20, 2019

Dalam usaha budi daya ikan, adanya serangan penyakit merupakan hal yang lumrah terjadi. Seperti yang kita ketahui bahwa munculnya penyakit ini diakibatkan oleh menurunnya kualitas air pada kolam.

 

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi pembudidaya untuk menjaga kondisi lingkungan tempat budidaya, sehingga kolam selalu dalam keadaan bersih dan kualitas air tetap terjaga.

 

Obat untuk penyakit-penyakit ikan juga sudah tersedia banyak di pasaran. Anda dapat memilihnya sesuai dengan penyebab penyakit ikan tersebut. Methylene Blue termasuk jenis obat ikan yang cukup dikenal masyarakat khusus mengobati penyakit ikan akibat dari infeksi jamur.

 

Berikut ini beberapa penyakit ikan yang dapat disembuhkan dengan methylene blue.

 

1. Penyakit Aeromonas

Sumber: monsterfishkeepers.com

 

Penyakit aeromonas cukup terkenal di kalangan para pembudidaya ikan. Penyakit ini menyerang segala jenis ikan, baik ikan konsumsi maupun ikan hias. Biasanya, ikan yang terinfeksi penyakit aeromonas akan menunjukkan gejala berupa timbulnya bercak-bercak merah pada kulitnya hingga mengakibatkan luka mengangah.

 

2. Penyakit Dropsy

Sumber: monsterfishkeepers.com

 

Penyakit dropsy atau lebih dikenal dengan penyakit sisik nanas ini lebih sering menginfeksi ikan hias. Penyakit yang disebabkan dari infeksi bakteri ini dapat membuat ikan menjadi bengkak, sehingga membuat sisik-sisik ikan terlihat seperti terangkat dari tubuhnya seperti sisik nanas.

 

3. Penyakit Cloudy Eye

Sumber: monsterfishkeepers.com

 

Penyakit ini disebabkan oleh spora yang menyerang mata ikan dan membuatnya seakan-akan terkena penyakit katarak. Mata ikan yang terinfeksi menjadi berwarna putih keabuan, dan berakhir pada kebutaan ikan secara permanen.

 

Penggunaan Methylene Blue

Dalam mengaplikasikan methylene blue sebagai media pengobatan tergolong mudah. Hal yang perlu anda lakukan adalah melarutkan methylene blue ke dalam air pada wadah terpisah. Dosis pelarutan yang tepat adalah 5 gram per 100 liter air, anda dapat menyesuaikan dengan volume air yang digunakan.

 

Setelah larut, anda dapat memasukkan ikan yang terinfeksi ke dalam larutan tersebut. Diamkan ikan selama 2 hari di dalam larutan tersebut. Lihat perkembangannya, jika ikan sudah terlihat lincah, maka pengobatan dapat dihentikan.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon