Mengobati Penyakit Mata Putih Seperti Katarak pada Ikan Hias

March 18, 2019

Ikan hias termasuk jenis ikan yang rentan akan serangan penyakit. Untuk itu, sebagai pemelihara yang baik, sudah sepatutnya memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan hidup ikan hias yang dipelihara, agar penyakit tidak mudah muncul dan menginfeksi ikan.

 

Ada banyak macam penyakit yang menyerang ikan hias, dan salah satu ikan yang berhasil membuat banyak orang panik dan terheran-heran adalah penyakit Cloudy Eyes atau mata berkabut.

Sumber: koiphen.com 

 

Ciri-ciri ikan yang terkena infeksi penyakit ini adalah mata ikan akan tertutupi oleh selaput putih, mirip seperti orang yang terkena penyakit katarak. Akibat dari selaput yang menutupi mata ikan, maka ikan lama-lama kelamaan akan mengalami kebutaan.

 

Penyebab utama dari munculnya penyakit ini ialah meningkatnya amonia dalam air. Namun, saat ikan anda mengalami penyakit ini anda sebaiknya memeriksa semua parameter air, agar diagnosa yang diberikan lebih akurat.

 

Jika sudah dilakukan pemeriksaan pada setiap parameter air, namun ikan tetap mengalami penyakit ini, maka kemungkinan besar penyakit ini disebabkan oleh faktor lain. Beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit Cloudy Eyes adalah:

 

  • Infeksi sekunder, yakni adanya kerusakan pada organ mata sehingga mata menjadi buta dan putih.

  • Produksi lendir yang berlebihan, biasanya disebabkan oleh infeksi parasit protozoa yang menyerang selaput lendir.

  • Kualitas air yang memburuk, yang kemudian menyebabkan meningkatnya gas beracun seperti amonia yang kemudian meracuni ikan.

  • Nilai pH yang berfluktuasi, yang berimbas pada munculnya zat-zat beracun.

  • Infeksi bakteri dan jamur, yang bisa saja menyerang mata ikan kapanpun dan menyebabkan timbulnya selaput putih pada mata.

 

Proses Pengobatan

Untuk mengobati penyakit ini, anda dapat menggunakan antibiotik yang dapat diperoleh di pasaran. Methylene Blue adalah antibiotik yang pas untuk mengobati penyakit ini, karena senyawanya yang sudah teruji aman bagi ikan.

 

Sebelum menggunakan methylene blue, sebaiknya anda membersihkan akuarium terlebih dahulu secara keseluruhan. Setelah itu, anda dapat menaburkan methylene blue langsung ke dalam akuarium dengan dosis 15 gram per 100 liter air. Dosis harus disesuaikan dengan jumlah air yang digunakan pada akuarium.

 

Pengobatan akan berjalan lebih efektif apabila anda memasang water heater atau alat penjaga kestabilan suhu air pada akuarium.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon