4 Penyebab Penyakit Myo pada Udang

March 18, 2019

Usaha tambak udang tidak akan terlepas dari permasalah penyakit yang dapat menyerang udang kapan saja. Manajemen air dan pakan merupakan faktor utama dalam mencegah datangnya penyakit pada tambak. Hal ini karena apabila lingkungan tambak terjaga dengan baik, dan selalu dalam keadaan yang optimal maka udang akan baik-baik saja.

 

Ada beberapa penyakit yang diketahui sering menyerang udang yang ada pada tambak dengan kondisi lingkungan yang terawat, dan salah satu penyakit tersebut adalah penyakit myo.

Sumber: aquatec.vn 

 

Ciri-ciri udang yang terkena penyakit myo adalah udang akan mengalami kerusakan jaringan otot tubuhnya. Otot yang rusak ini akan menimbulkan warna putih menggumpal.

Hal ini yang lambat laun membuat udang menjadi terlihat pucat. Jika dibiarkan dalam waktu tertentu, maka jaringan otot akan mengalami pembusukan dan dapat mengakibatkan kematian pada udang.

 

Menurunnya kondisi lingkungan tambak ditenggarai dapat menyebabkan penyakit ini. Hal ini karena lingkungan yang tak terawat dapat memicu berkembangnya patogen-patogen yang akhirnya membawa penyakit myo kepada udang.

 

Berikut ini beberapa penyebab klinis penyakit myo pada udang.

 

Penyakit Myo Disebabkan oleh Virus

Beberapa virus yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada jaringan otot udang adalah Macrobranchium rosenbergii Nodavirus (IMNV), Extra Small Virus (XSV), Penaus vannamei Nodavirus (PvNV) dan Infectious Myonecrosis Virus (IMV). Virus-virus tersebut memungkinkan terjadinya infeksi dan penyebaran dari udang satu ke yang lain secara cepat.

 

Penyakit Myo Disebabkan oleh Parasit

Microsporida (Thelonia) termasuk parasit yang dapat menyebabkan infeksi internal dalam tubuh udang. Tanda klinis penyakit ini sama dengan penyakit myo yang disebabkan oleh virus. Untuk membedakannya, harus dilakukan dengan uji mikroskop preparat basah, sehingga dapat dilihat bentuk dan spora parasitnya.

 

Penyakit Myo Disebabkan oleh Kualitas Air Buruk

Apabila terjadi infeksi jaringan otot udang, namun saat diamati tidak adanya virus yang terkait, maka kemungkinan besar penyakit myo diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang buruk. Kepadatan tinggi, kurangnya kadar oksigen, serta sering terjadinya fluktuasi suhu dan salinitas dipercaya dapat memicu penyakit myo.

 

Penyakit Myo Disebabkan oleh CMS (Cramp Muscle Syndrome)

Infeksi yang terjadi akibat adanya CMS terjadi saat udang dalam keadaan stres yang berujung pada terjadinya kram otot. Pada saat kram otot berlangsung, maka otot bagian dalam udang akan beribah perlahan menjadi keputih-putihan. Hal ini tentu menjadi masalah, karena udang akan mengalami kematian dalam waktu dekat.

 

Terjadinya kram ini disinyalir karena udang kekurangan kalium dan magnesium, atau dapat juga terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kalium dan kalsium pada tubuh udang. Untuk mengatasinya, anda dapat menambahkan suplemen mineral atau vitamin C berupa Ascorbic Acid pada pakan udang, terutama saat udang menginjak DOC 7.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon