Mengatasi Penyakit Dropsy pada Ikan Hias

March 14, 2019

Dropsy merupakan penyakit yang disebabkan dari infeksi bakteri. Penyakit ini biasa menyerang ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Kebersihan air dan akuarium yang kurang disinyalir menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini.

 

Gejala dari penyakit ini adalah ikan akan terlihat bengkak atau menggembung perutnya dan disertai dengan terangkatnya sisik-sisik ikan sehingga ikan memiliki kulit seperti kulit nenas. Terangkatnya sisik-sisik ikan itu disebabkan oleh tertahannya cairan yang ada di dalam tubuh ikan tersebut.

Sumber: aquariumfiltersetup.com

 

Ikan yang terinfeksi oleh penyakit ini juga akan menunjukkan perilaku-perilaku tak biasanya, seperti ikan akan terlihat murung atau berdiam diri di dasar akuarium.

 

Penanganan yang dilakukan sesegera mungkin sangat dianjurkan agar ikan dapat hidup normal kembali. namun, jika penanganan dilakukan sudah terlambat, maka besar kemungkinan ikan akan mati.

 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk  mengobati penyakit Dropsy pada ikan hias.

 

  • Sediakan obat khusus yang dikenal ampuh dalam mengobati penyakit ikan akibat infeksi bakteri. Salah satu obat yang bisa anda gunakan adalah methylen blue. Selain dapat mengobati penyakit akibat infeksi bakteri, methylene blue juga dapat digunakan untuk mengobati ikan yang keracunan nitrit serta penyakit akibat jamur.

  • Siapkan wadah lain yang telah diisi air sebanyak 1 liter.

  • Kemudian, masukkan methylene  blue ke dalam wadah tersebut dengan dosis 15 gram per 100 liter air.

  • Setelah 3 hari, masukkan ikan ke dalam wadah tersebut dan diamkan selama 2 hari. Lihat perkembangan ikan, jika ikan sudah terlihat lincah dan sehat, maka anda dapat mengganti airnya dengan air bersih.

  • Selanjutnya, anda dapat memberikan makan ikan hias sedikit demi sedikit hingga ikan benar-benar sembuh dari penyakit Dropsy.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon