5 Manfaat Kesehatan dari Ikan Bandeng yang Berduri Banyak

Ikan bandeng merupakan ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini juga kerap menjadi menu santapan yang nikmat karena rasa dagingnya yang cukup enak. Namun, anda harus waspada saat mengonsumsinya, karena ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan dengan duri terbanyak di tubuhnya.

 

Durinya yang banyak ini pula yang membuat orang masih enggan untuk menyantapnya. Padahal di balik itu semua, ikan bandeng memiliki kandungan nutrisi penting seperti omega-3 serta lemak baik yang berguna bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

 

Selain itu, ada beberapa manfaat ikan bandeng lainnya bagi kesehatan. Di antaranya adalah:

Sumber: kerjanya.net 

 

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan omega-3, DHA, dan EPA pada ikan bandeng memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini tentu masih berhubungan dengan kesehatan jantung. Menurunnya tingkat kolesterol tubuh memungkinkan darah akan mengalir lebih lancar, sehingga jantung tidak mengalami gangguan saat memompa darah.

 

2. Menyehatkan Ginjal

Ikan bandeng juga diketahui kaya akan vitamin B12 yang bermanfaat dalam membantu proses ekskresi atau pembuangan zat sisa pada tubuh.

 

Dengan mengonsumsi secara teratur, maka vitamin B12 akan meringankan kinerja ginjal dengan cara mengurangi tingkat racun pada tubuh dan memperlancar sistem pembuangannya.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Di balik durinya yang banyak dan halus, ternyata ikan bandeng juga kaya akan kalsium. Pada satu ekor ikan bandeng, terdapat sekitar 1400 mg kalsium dan fosfor yang berfungsi dalam menurunkan risiko terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis.

 

Selain itu, ikan bandeng juga mengandung vitamin D yang berguna dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

 

4. Mencegah Depresi

Rasa stres ternya dapat diredakan dengan mengonsumsi ikan bandeng secara rutin. Hal ini karena ikan bandeng mengandung potasium yang dapat memperlancar peredaran darah serta merelaksasi otot dan saraf yang tegang. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan saraf, sehingga dengan mengonsumsi ikan bandeng 100 gram ikan bandeng secara rutin, maka tingkat stres akan berkurang.

 

5. Mendorong Pertumbuhan Janin

Ikan bandeng juga mengandung asam oleat yang berfungsi dalam perkembangan otak dan saraf bayi yang masih berada di dalam kandungan. Selain itu, kandungan vitamin A, C dan betakaroten juga sangat baik dalam membantu meningkatkan kekebalan dan fungsi penglihatan bayi. Jadi, buat para ibu hamil jangan ragu untuk mengonsumsi ikan bandeng.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon