5 Jenis Ikan Air Payau yang Banyak Dibudidayakan

Air payau adalah kondisi air dari percampuran air asin dan air tawar. Pada daerah dengan kondisi air tersebut, ternyata memiliki spesies yang tak kalah banyak bila dibandingkan dengan jumlah spesies yang hidup di air laut dan tawar.

 

Beberapa ikan diketahui dapat hidup dengan baik pada air payau. Hal ini memicu banyak orang untuk mencoba membudidayakan ikan-ikan tersebut. Diketahui ada 5 jenis ikan air payau yang banyak dibudidayakan, dan semuanya memiliki pangsa pasar yang besar serta dapat memberikan keuntungan.

 

1. Bandeng

Sumber:  awalilmu.com

 

Ikan bandeng merupakan ikan yang air payau yang paling banyak dibudidayakan. Ciri fisik ikan bandeng yaitu memiliki warna tubuh putih keperakan, bentuk sirip ekor yang membelah dua, memiliki bentuk tubuh yang lancip serta memiliki banyak duri.

 

Banyaknya peminat untuk membudidayakan ikan ini, karena ikan ini selalu memiliki permintaan yang cukup besar di pasaran. Tingginya permintaan masyarakat akan ikan bandeng tak terlepas dari rasa dagingnya yang cukup enak serta kandungan gizinya yang baik bagi kesehatan.

 

2. Ikan Kerapu Macan

Sumber:  awalilmu.com

 

Ikan yang kedua adalah ikan kerapu macan. Banyaknya pembudidaya yang mencoba untuk membudidayakan ikan ini ialah karena ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran, selain itu ikan ini juga tergolong langka, sehingga upaya budi daya diperlukan untuk mempertahankan populasinya.

 

3. Ikan Kakap Putih

Sumber:  awalilmu.com

 

Ikan kakap putih termasuk ikan yang menggiurkan untuk dibudidayakan. Hal ini karena harga ikan kakap juga tergolong tinggi di pasaran, sehingga memiliki potensi untuk memberikan untung yang besar.

 

4. Ikan Patin

Sumber:  awalilmu.com

 

Ikan patin memiliki permintaan yang besar, sehingga ikan ini menggiurkan untuk dibudidayakan. Selain itu, daging ikan patin juga tergolong banyak dan pertumbuhannya tergolong cepat, sehingga panen dapat dilakukan lebih cepat.

 

5. Ikan Bawal

Sumber:  awalilmu.com

 

Ikan bawal dapat hidup di air tawar dan air payau, namun banyak pembudidaya membudidayakan ikan bawal pada air payau. Ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga membuat banyak orang membudidayakannya.

 

Selain itu, rasa dagingnya yang gurih membuatnya menjadi ikan populer di masyarakat. Hal ini pula yang mendorong permintaan ikan ini tidak ada hentinya, sehingga prospek membudidayakan ikan bawal cukup menjanjikan.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon