6 Cara Membuat Pakan Ikan Sendiri Tanpa Mesin

February 27, 2019

Tingginya harga pakan ikan yang banyak beredar di pasaran menjadi salah satu hal yang tidak diharapkan oleh para pengusaha budi daya ikan. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak pembudidaya mencoba membuat pakan ikan sendiri.

 

Dalam proses pembuatan pakan ikan, tentu tidak terlepas dari penggunaan mesin extruder yang berfungsi untuk membuat pakan memiliki bentuk dan ukuran yang sempurna.

Sumber: ramesia.com 

 

Sayangnya, harga mesin tersebut juga lumayan mahal, sehingga masih banyak pembudidaya tidak dapat membelinya. Mau tidak mau, para pembudidaya harus melakukan banyak percobaan terkait pembuatan pakan ikan tanpa menggunakan mesin.

Berikut ini 6 cara membuat pakan ikan tanpa mesin yang dapat anda coba.

 

1. Persiapkan Semua Bahan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus dilakukan ileh pembudidaya ikan dalam membuat pakan ikan sendiri adalah mempersiapkan segala bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis ikan yang dibudidayakan, karena setiap ikan membutuhkan nutrisi yang berbeda.

 

Upaya untuk memilih bahan yang bebas dari bahan berbahaya yang dapat memengaruhi kelangsungan hidup ikan.

 

2. Pilih Jenis Pakan yang Akan Dibuat

Setiap ikan memiliki jenis pakan yang berbeda, mulai dari bentuk, tekstur, ukuran dll. Untuk itu, sebelum memulai membuat pakan, anda harus memastikan terlebih dahulu jenis pakan yang bagaimana yang dibutuhkan oleh ikan anda.

 

3. Membuat Pakan Apung

Membuat pakan apung tanpa menggunakan mesin dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan utama yang berasal dari aneka macam tepung kemudian mencetaknya pada penggiling daging lalu dikeringkan.

 

4. Membuat Pakan Pelet

Untuk membuat pakan berupa pelet tanpa menggunakan mesin ialah dengan cara memanfaatkan proses fermentasi dari ragi tempe.

 

Adapun bahan yang difermentasi adalah keong sawah, dedak halus, dan penambahan beberapa vitamin serta ragi tempe. Campuran bahan hasil dari fermentasi kemudian dibentuk secara manual atau dengan memanfaatkan cetakan tertentu kemudian keringkan menggunakan panas matahari.

 

5. Membuat Pelet dari Cacing Tanah

Pembuatan pakan berbentuk pelet lainnya ialah dengan memanfaatkan cacing tanah sebagai bahan utamanya.

 

Pastikan bahwa cacing yang digunakan sudah berbentuk tepung yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya, kemudian cetak campuran bahan tersebut hingga berbentuk pelet. Selanjutnya keringkan pelet yang telah jadi dengan menggunakan panas matahari.

 

6. Membuat Pelet dari Bahan Nabati

Bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai pakan ikan adalah bahan-bahan nabati, seperti minyak ikan, bungkil kedelai, bungkil kelapa dan juga dedak halus.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon