Koperasi Perikanan Dipercaya Menjadi Kekuatan Ekonomi Nelayan

February 23, 2019

Sektor perikanan dinilai memiliki banyak potensi yang dikelola melalui wadah koperasi. Untuk itu, koperasi perikanan sudah sepantasnya menjadi peluang menjalankan usaha seluas-luasnya guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Koperasi dinilai menjadi kekuatan ekonomi nelayan karena dilakukan secara bersamaan.

Sumber: wartaekonomi.co.id 

 

“Nelayan bersatu  di dalam koperasi akan mampu melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan sendiri untuk meningkatkan kesejahteraannya”, Meliadi Sembiring, selaku Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM).

 

Ia menyebutkan berbagai bidang usaha dapat dilakukan dalam koperasi, antara lain pengadaan BBM, perbekalan untuk kebutuhan melaut dan bidang usaha lainnya.

 

Meliadi juga menegaskan keberadaan koperasi memberikan kemampuan bagi nelayan untuk menjalin kemitraan dan bersinergi dari berbagai pelaku usaha lainnya dari hulu ke hilir. Oleh sebab itu, ia yakin sektor perikanan dapat semakin berkembang asal dilakukan secara bersama-sama.

 

“Saya menyarankan untuk memakai koperasi sebaik-baiknya secara bersama-sama. Kunci keberhasilan koperasi ada pada bapak dan ibu nelayan ini”, tambah Meliadi.

 

Dilihat dari data Kemenkop UKM, jumlah koperasi perikanan di Indonesia mencapai 1.988 koperasi dan sebanyak 29 koperasi tersebut berada di Papua dan Papua Barat.

 

Koperasi tersebut antara lain, di Papua Barat ada di Kabupaten Fak-Fak, yakni Koperasi Maramosa, Koperasi Nelayan Rimba, Koperasi Usaha Perikanan, Koperasi Mina Tunas Jaya. Di Sorong, ada Koperasi KSU Gomon Sinar Moi. Di Papu ada Koperasi Perikanan Mina Setia Kawan.

 

Selanjutnya, Meliadi menyampaikan Kemenkop dan UKM memiliki strategi pemberdayaan koperasi perikanan degan peningkatan produktivitas kelompok ekonomi produktif atau kelompok usaha bersama (KUB) menjadi koperasi. Hal ini ini dilakukan melalui adanya penguatan usaha kelompok nelayan disertai dengan pendampingan usaha dan bimbingan teknis.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon