Beragam Manfaat Ikan Tongkol bagi Kesehatan Manusia

February 22, 2019

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Selain itu, harga ikan tongkol juga tergolong sangat terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang menjadikan ikan tongkol sebagai pilihan utama dalam memilih ikan.

Sumber: doktersehat.com

 

Walau dikenal sebagai biang alergi dan banyak orang yang alergi kerenanya, ternyata ikan tongkol memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan. Namun, bagi penderita alergi terhadap ikan tongkol tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak, karena dapat membahayakan.

 

Berikut ini 4 manfaat ikan tongkol bagi kesehatan.

 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Darah tinggi atau hipertensi termasuk penyakit yang paling banyak diderita orang Indonesia. Penyakit ini juga dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras, sehingga penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Kabar baiknya adalah ikan tongkol memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini diperkuat dari penelitian yang dipublikasi oleh Atherosclerosis, mengatakan bahwa 12 pria yang memiliki tekanan darah tinggi kemudian diberi makan tiga kaleng ikan tongkol setiap hari selama delapan bulan telah berhasil menurunkan tekanan darahnya secara signifikan.

 

2. Menurunkan Kolesterol

Manusia membutuhkan kolesterol pada jumlah tertentu dan akan berbahaya jika jumlahnya sudah melampaui batas. Tingginya kolesterol pada tubuh juga menjadi salah satu penyebab utama munculnya penyakit jantung.

 

Ikan tongkol dianggap ampuh meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tubuh.

 

3. Membantu Melawan Depresi

Kandungan asam lemak omega-3 memiliki kemampuan untuk membantu seseorang terlepas dari depresi. Menurut jurnal CNS Neuroscience & Therapeutics mengatakan bahwa asam lemak omega-3 mampu mengurangi gejala depresi hingga 50 persen.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Ikan tongkol kaya akan kandungan lemak sehat dan protein yang sangat berguna bagi perkembangan otot dan pembakaran lemak tubuh. Penelitian juga mengungkapkan bahwa protein dan lemak pada ikan tongkol sangat baik dalam menurunkan kadar ghrelin atau hormon yang menyebabkan rasa lapar.

 

Dengan mengonsumsi ikan tongkol, maka anda menjadi tidak mudah lapar. Dibarengi dengan olahraga, tentu hasil yang didapatkan akan menjadi lebih maksimal.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon