6 Fakta Menarik dari Udang yang Harus Diketahui

February 22, 2019

Bagi anda yang sangat gemar mengonsumsi makanan laut, udang pasti menjadi salah satu yang paling disukai. Makanan satu ini biasanya hadir sebagai campuran aneka makanan, mulai dari capcay hingga sup.

 

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, udang juga dikenal mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini yang mendasari orang-orang menjadi semakin gemar mengonsumsi udang.

Sumber: pertanianku.com

 

Namun, anda sebaikya tidak hanya bisa memasak dan mengonsumsinya saja. Ketahui pula 6 fakta menarik dari udang. Berikut keenam fakta tersebut.

 

1. Rendah Kalori

Satu ekor udang siketahui mengandung 7 kalori. Bila dibandingkan dengan kalori ayam pada ukuran yang sama, kalori udang masih lebih sedikit dibandingkan dengan kalori ayam. Dengan begitu, anda tak perlu risau mengenai berat badan saat mengonsumsi udang.

 

2. Kaya Protein

Udang dikenal mengandung cukup protein yang bermanfaat bagi metabolisme dan pertumbuhan tubuh, terutama bagi anak-anak. Tiga ons udang yang dikukus mengandung protein sebanyak 20 gram protein. Udang juga dikenal mengandung rendah lemak, sehingga manfaatnya bagi tubuh akan lebih maksimal.

 

3. Mengandung Nutrisi Penting

Selain mengandung protein, udang juga mengandung macam-macam nutrisi penting lainnya, seperti selenium, kolin, tembaga, yodium dan fosfor.

Kandungan selenium pada udang berperan aktif sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, udang juga mengandung astaxanthin yang berperan dalam mengurangi peradangan.

 

4. Tinggi Kolestrol

Menurut USDA dan American Heart Association menyatakan bahwa konsumsi kolesterol harus dibatasi tidak lebih dari 300mg per hari. Sementara itu, tiga ons udang sudah mengandung kolesterol sebanyak 150mg.

 

5. Salah Satu Alergen

Udang termasuk salah satu pemicu alergi yang sering dialami oleh banyak orang. Mereka yang alergi terhadap udang akan menimbulkan reaksi ringan dan berat. Reaksi ringan biasanya ditandai dengan munculnya gatal pada kulit, sakit perut dan mual. Untuk reaksi beratnya memiliki risiko kematian, atau yang biasa disebut dengan anaphalyaxis.

 

6. Bisa Terkontaminasi Bahan Berbahaya

Udang yang ditangkap dari laut lepas memiliki risiko terpapar bahan kimia berbahaya. Menurut studi yang dilakukan di Arizona State University, mengungkapkan udang dari 11 negara terdapat senyawa antibiotik di dalamnya. Penggunaan antibiotik pada produksi pangan akan mengakibatkan resisten antibiotik pada manusia.

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon