Macam Jenis Plankton yang Ada di Perairan

February 20, 2019

Plankton sangat erat kaitannya dengan tambak udang, sebab tambak yang baik ialah tambak yang airnya mengandung plankton. Keberadaan plankton pada tambak ini berfungsi sebagai pakan alami bagi udang.

Sumber: smithsonianmag.com

 

Ternyata, plankton ada banyak jenisnya dan memiliki sifat yang berbeda. Hal ini tentu harus dipahami oleh petambak agar usaha tambak udang yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

 

1. Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, plankton terbagi menjadi dua, yaitu Phytoplankton dan Zooplankton.

 

Phytoplankton, ialah plankton berupa kelompok tumbuhan kecil berklorofil serta mampu melakukan fotosintesis di dalam air. Jenis plankton ini banyak didominasi oleh kelompok algae dan sebagian kecil didominasi oleh kelompok jamur dan bakteri.

 

Fungsi dari phytoplankton ini ialah sebagai pemasok oksigen utama bagi organisme akuatik, sumber makanan zooplankton dan mampu menyerap gas-gas beracun seperti NH3 dan H2S serta sebagai indikator kesuburan perairan.

 

Zooplankton, ialah jenis plankton yang berasal dari kelompok hewan kecil yang didominasi oleh kelompok Crustacea, Rotifera dan Protozoa. Fungsi dari zooplankton ialah sebagai pakan alami organisme akuatik termasuk udang.

 

2. Berdasarkan Kehidupannya

Dari cara hidupnya, plankton terbagi menjadi dua jenis, yaitu Euplankton yang merupakan organisme plankton sebenarnya, dan Pseudoplankton yang muncul dari sisa-sisa material organik dan anorganik yang tersuspensi di dalam air.

 

3. Berdasarkan Ukurannya

  • Ultrananoplankton, yaitu memiliki ukuran sebesar < 2nm, contohnya adalah bakteria

  • Nannoplankton, memiliki ukuran sebesar 2-20 nm, yaitu jamur, flagellata dan diatom

  • Microplankton, memiliki ukuran antara 20-200 nm, yaitu kebanyakan dari spesies phytoplankton, cilliata, rotifera dan nauplius cepopoda

  • Mesoplankton, memiliki ukuran 200nm-2mm, yaitu cepopoda dan jenis larva

  • Macroplankton, memiliki ukuran 2-20 mm, yaitu pteropoda, cepopoda, euphausiids, dan chaetognatha

  • Megaloplankton, memiliki ukuran > 20 mm, yaitu schipozoa dan thaliacens

 

4. Berdasarkan Habitatnya

Dari habitatnya, plankton terbagi menjadi dua, yaitu Lomniplankton yang hidup di air tawar dan Haliplankton yang hidup di air asin atau air laut.

 

5. Berdasarkan Siklus Hidupnya

Dari siklus hidupnya, plankton terbagi menjadi dua, yaitu Holoplankton yang menghabiskan hidupnya sebagai plankton, dan Meroplankton yaitu plankton yang hanya sebagian dari hidupnya sebagai plankton, contohnya pada tahap larva dan telur yang berpotensi menjadi makhluk lainnya.

 

Itulah macam-macam jenis plankton yang ada di perairan, termasuk tambak udang. Dengan mengetahui hal tersebut, maka anda sebagai petambak dapat mengatur plankton mana yang baik untuk menjaga kestabilan kualitas air pada tambak anda.

 

 

Baca Juga:

 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon