Penyebab Penyakit Non Infeksi pada Ikan Nila

February 19, 2019

Pada tulisan sebelumnya, kami telah membahas mengenai penyakit ikan nila yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Pada tulisan kali ini, kami akan mengulas tentang penyakit non infeksi pada ikan nila.

 

Penyakit non infeksi dapat terjadi akibat dari kondisi lingkungan yang buruk. Tidak terjaganya keadaan lingkungan tempat ikan nila hidup, tentu akan menjadi suatu pemacu patogen penyakit untuk berkembang di dalamnya. Akibatnya, ikan akan merasakan sakit yang berujung pada kematian.

Sumber: dictio.id

 

Berikut ini 5 kondisi lingkungan yang harus dijaga agar tidak menyebabkan penyakit non infeksi pada ikan nila.

 

Kualitas Air

Air merupakan media hidup ikan, maka dari itu upaya menjaga kebersihan air menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Kualitas air harus terus dipantau, sehingga anda tahu waktu yang tepat untuk memberikan penanganan.

 

Air dengan kualitas yang buruk, dapat menyebabkan ikan terhambat pertumbuhannya dan dapat menimbulkan kelainan pada ikan.

 

Pakan

Pemberian pakan haruslah sesuai dengan jumlah ikan yang ada di kolam. Karena, apabila ada pakan yang tersisa, maka sisa-sisa pakan tersebut akan menimbulkan pencemaran pada air kolam.

 

Tidak hanya itu, pakan yang terlalu banyak mengendap di dasar kolam juga dapat menyebabkan menurunnya ph air dan meningkatnya kadar amonia pada air. Kedua hal tersebut tentu dapat merugikan ikan.

 

Keracunan

Pada intinya, racun dapat masuk pada kolam ikan nila dan mulai meracuni ikan adalah berasal dari luar. Salah satu komponen yang berpotensi dapat meracuni ikan nila adalah pakan yang diberikan.

 

Untuk itu, sebelum membeli pakan untuk ikan, sebaiknya periksa tanggal kadaluarsanya. Karena pakan yang kadaluarsa mengandung senyawa beracun seperti H2S yang dihasilkan dari pembusukan bahan organik.

 

Kondisi Ikan

Apabila terlihat ada ikan yang mengalami luka, tentu ikan tersebut akan lebih rentan terserang penyakit. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menebar ikan ke dalam kolam, sebaiknya perhatikan kondisi fisik ikan dan pastikan tidak ada luka di tubuhnya.

 

Genetis

Bibit ikan yang digunakan sangatlah memengaruhi perkembangan ikan tersebut untuk ke depannya. Maka pastikan membeli bibit dengan kondisi yang sehat atau tidak memiliki cacat fisik. Karena, ikan yang memiliki cacat fisik secara genetik dapat menurunkannya ke generasi selanjutnya.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon