3 Tanda Udang Masih Segar dan Layak Dikonsumsi

February 19, 2019

Udang merupakan makanan laut yang digemari banyak orang. Selain karena rasanya yang gurih dan nikmat, kandungan gizi udang juga sangat baik bagi kesehatan.

 

Seperti hasil laut lainnya, udang juga memiliki risiko untuk mengalami kebusukan. Jika udang sudah terlanjur busuk, tentu manfaatnya sudah tidak ada lagi jika dikonsumsi, karena kandungan gizi pada udang masih dalam keadaan maksimal saat ia dimasak dalam keadaan segar.

Sumber: okezone.com

 

Maka dari itu, sebelum anda memasak udang alangkah baiknya pastikan bahwa udang yang anda beli masih dalam keadaan segar. Dengan memerhatikan tanda-tanda yang akan kami ulaskan untuk anda.

 

1. Bau

Udang yang masih dalam keadaan segar memiliki bau amis laut yang khas, dan dapat langsung anda cium baunya. Bedakan dengan bau udang yang sudah busuk, yang memiliki bau tak sedap, atau malah tidak memiliki bau yang menandakan udang tersebut sudah diberi bahan pengawet kimia.

 

2. Lendir

Udang yang segar jika disentuh permukaan kulitnya, maka tidak akan ada lendirnya. Sebaliknya, jika udang yang sudah mengalami masa pembusukan maka akan memiliki banyak lendir di permukaan kulitnya. Apalagi jika lendirnya terasa lengket dan berbau busuk, maka sebaiknya udang tersebut jangan anda konsumsi.

 

3. Warna

Udang yang masih segar biasanya memiliki warna putih kemerahan ataupun kehitaman cerah. Berbeda dengan udang busuk yang memiliki warna sedikit berubah menjadi biru, terlihat memar atau bahkan pucat serta kulitnya yang tidak kaku lagi.

 

Jika anda menemukan udang dengan warna yang seperti itu di pasar, sebaiknya jangan dibeli, karena udang tersebut sudah dalam keadaan busuk dan tak layak untuk dikonsumsi.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon