Seluk Beluk Penyakit Aeromonas. Dari Gejala Hingga Cara Pengobatan

February 13, 2019

Dalam usaha budi daya ikan terutama ikan lele, penyakit aeromonas bukanlah penyakit yang asing. Hampir semua pengusaha ikan lele pasti pernah menghadapi masalah penyakit aeromonas ini.

Sumber: tribunnews.com

 

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri aeromonas ini dikenal cukup berbahaya bagi ikan lele karena dapat menyebabkan kematian massal. Jika tidak segera ditangani, maka kerugian yang dihadapi sangatlah besar.

 

Gejala Penyakit Aeromonas

Ikan lele yang terjangkit oleh penyakit ini akan menunjukkan perilaku aneh dan perubahan pada fisiknya, di antaranya adalah:

 

  • Berkurangnya nafsu makan akibat adanya peradangan pada tubuh ikan

  • Adanya bercak merah pada tubuh ikan, yang lama kelamaan akan menjadi borok

  • Sirip punggung dan ekor ikan terlihat rusak dan koyak

  • Terganggunya selaput lendir ikan, sehingga menyebabkan ikan menjadi lebih kesat.

 

Penyebab Penyakit Aeromonas

Faktor utama yang menyebabkan penyakit ini adalah tidak terjaganya lingkungan. Salah satu penyebab menurunnya kualitas air adalah terdapat sisa-sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam.

 

Akibatnya, tingkat keasaman air kolam akan semakin menurun sehingga menyebabkan air kolam bersifat asam. Keadaan tersebut memungkinkan bakteri aeromonas untuk berkembang dan mulai menjangkiti ikan.

 

Tindakan pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara rutin memantau keadaan air kolam. Usahakan agar pH air dan suhu tetap stabil dan tidak ada sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam.

 

Selain itu, anda juga dapat memberikan imunostimulan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan ikan terhadap penyakit ini. Bawang putih diketahui sebagai imunostimulan herbal yang baik bagi ikan lele.

 

Bawang putih dapat diberikan dalam bentuk tepung kering, yang telah dicampurkan dengan pakan. Dosis pemberiannya adalah 0,2-0,5 % dari total jumlah pakan yang akan diberikan.

 

Pengobatan Penyakit Aeromonas

Penyakit aeromonas dapat diobati dengan menggunakan antibiotik khusus ikan yang dapat ditemukan di pasaran.

 

Salah satu antibiotik ikan yang secara khusus dapat menangani penyakit aeromonas adalah elbayou. Cara penggunaan elbayou untuk mengobati penyakit aeromonas adalah:

 

  • Larutkan 1 gram elbayou ke dalam 100 liter air pada tempat terpisah

  • Kemudian masukkan ikan yang terserang penyakit ke dalam wadah yang berisi elbayou yang sudah dilarutkan tersebut dan biarkan selama 24 jam.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon