Ciri-ciri Udang Dalam Keadaan Sehat

February 11, 2019

Udang merupakan salah satu komoditi perikanan yang paling digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat, baik masyarakat Indonesia maupun dunia.

 

Tak heran jika udang merupakan komoditi ekspor andalan Indonesia, yang telah menembus pasar beberapa negara. Bahkan, saat ini Indonesia tercatat sebagai pemasok udang nomor satu di Asia Tenggara.

Sumber: jitunews.com 

 

Namun, untuk mencapai pasar ekspor, udang harus dalam keadaan sehat. Udang yang sehat didapat dari sistem budi daya yang baik. Maka dari itu, penting bagi petambak untuk mengetahui ciri-ciri udang yang sehat, sebelum akhirnya dijual ataupun diekspor ke luar negeri.

 

Beberapa Ciri udang yang sehat adalah:

 

Pergerakan Udang

Udang yang sehat dapat dilihat dari perilakunya yang aktif bergerak. Jika udang terlihat sangat pasif, dan jarang bergerak atau malah lebih memilih berdiam diri di satu titik. Maka udang tersebut dapat dipastikan sedang dalam keadaan sakit. Tentunya, udang yang sakit tidak akan diterima di pasar internasional.

 

Warna Kulit

Udang yang sehat memiliki ciri fisik berupa warna kulitnya yang cerah dan bersih. Jika terlihat ada udang yang memiliki warna kulit kusam, maka sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kumpulan komoditi yang akan dijual, karena akan menyebabkan menurunnya harga jual.

 

Anggota Tubuh

Anggota tubuh pada udang yang sehat akan terlihat utuh, mulai dari kepala hingga ujung ekor. Tidak ada bagian tubuh yang berkurang ataupun rusak.

 

Warna Insang

Warna insang pada udang sehat adalah kemerahan cerah. Jika terlihat ada udang dengan insang yang pucat, maka sebaiknya dipisahkan dari udang-udang yang memiliki insang cerah. Agar udang yang akan dijual memiliki tingkat kesehatan yang beragam dan tidak terkontaminasi oleh udang yang sakit.

 

Usus Penuh

Udang yang sehat dapat dilihat dari ususnya yang penuh dan tak terputus. Hal ini mengindikasikan bahwa udang dalam keadaan sehat, baik dari segi pencernaan maupun penyerapan nutrisi pada pakan.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon