Cara Mudah Memaksimalkan Kinerja Kincir Air Tambak

January 31, 2019

 

Demi menciptakan kondisi lingkungan yang optimal bagi udang, tambak membutuhkan asupan oksigen terlarut secara berkesinambungan. Untuk itu, penggunaan kincir merupakan cara yang paling cocok untuk dilakukan demi menciptakan kondisi tersebut.

Sumber: isw.co.id

 

Namun, pada kondisi tertentu kinerja kincir malah menjadi tidak maksimal, sehingga oksigen yang dihasilkan juga tidak stabil. Untuk itu, anda sebagai pembudidaya udang wajib mengetahui cara-cara untuk memaksimalkan kinerja kincir air pada tambak anda.

 

Pemeriksaan Suku Cadang

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengoperasikan kincir air pada tambak adalah memeriksa suku cadang pada kincir. Pastikan semua suku cadang terpasang dengan baik, tidak ada yang longgar dan presisi.

 

Instalasi Kincir Air

Untuk menempatkan kincir air di tengah tambak, anda membutuhkan penyangga agar kincir dapat tetap berdiri tegak dan stabil di tengah tambak. Kincir yang tidak stabil tentu dapat menimbulkan kerusakan pada komponennya, akibat kemasukan air yang mengakibatkan pasokan oksigen tidak maksimal. Anda dapat menggunakan tali nilon sebagai penyangga kincir.

 

Ikat Kabel

Kabel kincir sebaiknya diikat kuat dan aman. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting listrik pada kincir yang bisa menimbulkan terganggunya operasi impeller.

 

Penempatan Kincir

Penempatan kincir pada tambak yang baik adalah berjarak satu meter dari daratan serta pastikan impeller (kipas) harus tenggelam dalam air dengan kedalaman kurang lebih 7-9 cm.

 

Perhatikan Arah dan Posisi Kincir

Kombinasi arah dan posisi pada kincir haruslah searah jarum jam. Hal ini dilakukan agar kincir dapat menciptakan pusaran air pada permukaan tambak, sehingga air akan mengarahkan kotoran yang ada di dasar maupun permukaan tambak mengarah ke pembuangan air. Dengan begitu, kondisi air juga akan terjaga kebersihannya.

 

Operasional

Setelah memastikan kincir terpasang dengan baik serta pada posisi yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah menguji kekuatan kincir. Jika ditemukan adanya kelainan masa pengujian, maka matikanlah daya sesegera mungkin dan keluarkan kincir dari tambak untuk dilakukan pemeriksaan.

 

Lakukan pengecekan pada pelumas di bagian peredam dan pastikan dalam keadaan cukup. Caranya ialah dengan membuka bagian lubang lubricant untuk memeriksa secara langsung tingkat pelumas yang tersisa.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon