Membuat Pakan Ikan Lele dari Kotoran Ternak

January 10, 2019

Permasalah yang kerap dirasakan oleh pengusaha ternak lele adalah sulitnya menekan biaya pembelian pakan. Hal ini terjadi karena lele membutuhkan pakan yang lumayan banyak dan harga pakan masih tergolong mahal.

 

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha ternak lele untuk menekan biaya pembellian pakan ialah dengan membuat pakan sendiri. Dalam membuat pakan lele, anda harus pintar dalam memilih bahan baku. Carilah bahan baku yang selain murah, tapi juga menyediakan nutrisi.

Sumber: ternakkelinci.net 

 

Salah satu bahan yang dapat anda manfaatkan untuk membuat pakan ikan lele adalah kotoran ternak. Walaupun terlihat kotor dan menjijikkan, ternyata kotoran ternak mengandung 60 hingga 70 persen bahan organik.

 

Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan demi memperlancar proses pembuatan.

 

  • Kotoran ternak yang sudah diangin-anginkan selama satu minggu sebanyak 100-150 kg dalam kondisi kering.

  • Probiotik EM4 Perikanan sebanyak 1 liter yang akan digunakan untuk proses fermentasi.

  • Siapkan air matang sebanyak 10-20 liter.

  • Molase sebanyak 2 liter.

  • Paranet dan karung yang telah disesuaikan dengan ukurang kolam atau sekitar 1 x 2 m. Paranet dan karung berfungsi sebagai tempat untk pemberian pakan organik ke dalam kolam.

 

Cara Pembuatan

Pada proses pembuatan pakan lele, fermentasi menjadi salah satu proses yang penting. Alasannya adalah proses fermentasi sangat berguna dalam meningkatkan nilai gizi terutama kadar protein pada bahan baku yang digunakan. Selain itu, adanya proses fermentasi juga dapat mempermudah ikan lele dalam mencerna makanan nantinya.

 

Langkah pertama, terlebih dahulu aktifkan probiotik dengan cara mencampurkan EM4, molase dan air matang pada satu wadah. Lakukan aerasi dengan memasang aerator selama maksimal 2 jam. Kemudian masukkan kotoran ternak yang telah dikeringkan ke dalam jerigen.

 

Langkah kedua, simparkan campuran EM4, molase dan air yang telah diaerasi ke dalam jerigen yang telah berisi kotoran.

 

Langkah ketiga, setelah tercampur merata, tutuplah jerigen dengan rapat dan diamkan selama 7 hingga 14 hari untuk proses fermentasinya. Setelah itu, anda dapat memasukkan pakan ke dalam karung dan siap untuk diberikan pada ikan.

 

Cara Pemberian

Pakan dapat diberikan pada ikan lele berumur di bawah 1 bulan dengan ukuran 2-4 cm. Cara pemberiannya adalah dengan cara mengambil pakan hasil fermentasi yang ada di dalam karung lalu masukkan ke parat yang telah dipasang atau diikat di atas kolam.

 

Lakukan langkah tersebut rutin setiap 2-3 hari sekali hingga lele mulai membesar atau berukuran 5-7 cm. Setelah itu, anda bisa memberikan kombinasi pakan yang lebih baik demi menunjang pembesarannya.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon