Terjangkau! Inilah 7 Ikan Murah Dibawah 50 ribu dengan Gizi Seimbang

January 9, 2019

Masyarakat Indonesia dari dulu dikenal paling malas dalam hal mengonsumsi ikan. Padahal, kandungan gizi pada ikan sangatlah penting bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh, terutama pada anak-anak.

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah memberikan segala upaya demi menaikkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia. Hal tersebut ternyata membuahkan hasil yang signifikan. Tercatat, mulai dari 2014 hingga 2018 konsumsi ikan Indonesia cenderung meningkat.

Sumber: grist.org 

 

Tak hanya sampai disitu, KKP juga terus mengupayakan peningkatan konsumsi ikan Indonesia di tahun 2019 hingga seterusnya.

 

Permasalahan utama yang memengaruhi masyarakat malas mengonsumsi ikan karena masih banyak yang menganggap bahwa ikan memiliki harga yang mahal. Anggapan tersebut sebenarnya tidak benar, karena ada beberapa ikan yang tergolong cukup terjangkau, bahkan malah terbilang cukup murah.

 

Berikut ini 7 ikan murah dengan harga di bawah Rp 50 ribu per kilo yang bisa anda jadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi

 

1. Ikan Bandeng

Ikan bandeng termasuk ke dalam ikan laut yang saat ini banyak dibudidayakan, terutama pada daerah pesisir. Harga ikan bandeng berkisar antara Rp 22 ribu hingga Rp 26 ribu tergantung daerahnya.

 

2. Ikan Lele

Ikan lele dikenal cukup mudah untuk ditemukan. Hal ini yang membuat harga ikan lele terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp 24 ribu hingga Rp 30 ribu sesuai daerahnya. Diketahui ikan lele mengandung cukup protein dan lemak seimbang yang sangat berguna bagi tubuh.

 

3. Ikan Mas

Ikan mas dikenal cukup populer di masyarakat. Hal ini karena ikan mas memiliki harga terjangkau dan rasa daging yang lezat. Namun anda harus berhati-hati saat mengonsumsinya, karena ikan mas dikenal memiliki banyak duri. Harga ikan mas di Indonesia berkisar antara Rp 22 ribu hingga Rp 40 ribu.

 

4. Ikan Nila

Ikan air tawar lainnya yang terbilang populer di kalangan masyarakat adalah ikan nila. Rasanya yang enak membuatnya menjadi salah satu ikan yang paling diburu di pasar. Harga ikan nila di Indonesia mulai dari Rp 24 ribu hingga Rp 32 ribu.

 

5. Ikan Patin

Ikan air tawar yang biasa beraktifitas di malam hari ini juga termasuk ikan populer. Dengan rasanya yang enak serta harganya yang tak mahal membuatnya menjadi incaran masyarakat untuk dikonsumsi. Harga ikan patin berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 33 ribu.

 

6. Ikan Mujair

Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan ikan yang satu ini. Dikenal dengan rasanya yang gurih serta tidak begitu banyak duri, membuatnya menjadi ikan paling digemari untuk dikonsumsi terutama bagi anak-anak. Harga ikan mujair di pasaran dimulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 32 ribu.

 

7. Ikan Kembung

Ikan kembung dinilai memiliki harga yang berfluktuasi, namun tidak sampai seharga di atas Rp 50 ribuan. Kandungan gizi kembung juga diklaim lebih baik dari ikan salmon. Maka dari itu, ikan kembung bisa menjadi alternatif yang pas untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Harga ikan kembung awal tahun 2019 adalah Rp 35 ribu sampai Rp 50 ribu per kilonya.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon