Membuat Pakan Lele Ekonomis dengan Dedak Bekatul

January 9, 2019

Pakan merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan ternak lele. Hal ini karena ikan lele memiliki nafsu makan yang kuat, untuk itu anda sebagai peternak diwajibkan mencukupi kebutuhan pakan setiap harinya.

 

Pemenuhan pakan pada budi daya ikan lele juga menjadi dilema bagi para pengusaha. Pasalnya, pakan yang dijual di pasaran masih tergolong cukup mahal. Solusi untuk permasalahan itu adalah dengan membuat pakan lele sendiri.

Sumber: bibitikan.net 

 

Pada kesempatan ini, kami akan memaparkan cara membuat pakan ikan lele dengan memanfaatkan dedak bekatul. Diketahui bahwa dedak bekatul terbukti ampuh dalam menunjang pertumbuhan ikan lele. Selain itu, dedak bekatul juga memiliki harga yang relatif murah, sehingga pengusaha dapat meminimalisir biaya pembelian pakan.

 

Apa Itu Dedak Bekatul?

Dedak adalah hasil sampingan dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak terdiri dari lapisan sebelah luar butir padi dengan beberapa lembaga biji. Sementara bekatul adalah lapisan sebelah dalam butir padi, termasuk sebagian kecil dari lapisan endosperm berpati.

 

Dilihat dari teksturnya, dedak bekatul lebih halus dibandingkan dengan dedak biasa. Pada dedak padi biasa masih terdapat kulit-kulit padi, sedangkan pada dedak bekatul sudah bersih dari kulit padi.

 

Jika direndam di dalam air, dedak bekatul akan sepenuhnya tenggelam atau tidak menyisakan kotoran-kotoran yang mengapung di permukaan air. Sementara dedak padi biasanya akan terdapat kotoran berupa kulit-kulit padi di permukaan air saat direndam.

 

Dedak bekatul biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pakan untuk unggas. Seiring dengan perkembangannya waktu, terungkap bahwa dedak bekatul dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif untuk lele yang justru dapat mempercepat proses pertumbuhan lele.

 

Hal ini dikarenakan dedak bekatul mengandung serat dan protein. Kedua bahan ini sangatlah berperan penting terhadap pertumbuhan lele.

 

Bahan yang Harus Disiapkan

  • Pertama, anda harus menyiapkan dedak bekatul sebanyak 5 kg

  • Kedua, siapkan pelet ikan sebanyak 2,5 kg

  • Ketiga, ambil garam dapur sebanyak 5 sendok makan

  • Keempat, sediakan minyak sayur secukupnya

  • Kelima, air masak sebanyak 5 liter

  • Keenam, panci sebagai wadah pembuatan

 

Langkah-langkah Pembuatan

Pertama, masukkan dan campur semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya, yaitu dedak, pelet ikan, dan garam bekatul ke dalam panci, kemudian tambahkan air sebanyak 5 liter.

 

Kedua, langkah selanjutnya adalah mengaduk semua bahan yang tercampur hingga merata lalu diamkan selama satu jam.

 

Ketiga, setelah satu jam, anda dapat memasukkan minyak sayur secukupnya. Kemudian aduk hingga merata.

 

Keempat, simpan dan diamkan adonan selama 1 malam. Keesokan harinya pakan sudah siap diberikan kepada ikan lele.

 

Pemberian pakan dedak bekatul dapat dilakukan secara rutin 2 kali sehari. Agar lebih efektif, anda dapat memberikan pakan saat malam hari agar pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon