Dikenal Ganas, Ikan Arapaima juga Memiliki Rasa yang Enak

January 7, 2019

Ikan arapaima adalah ikan predator yang berasal dari sungai Amazon. Sebagai predator, ikan arapaima dikenal cukup ganas dan berpotensi merusak lingkungan. Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat digemparkan dengan keberadaan ikan arapaima di Sungai Berantas, Mojokerto.

 

Keberadaan ikan arapaima tersebut disinyalir dari adanya tindakan pelepasan ikan tersebut ke sungai oleh seorang kolektor. Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan tegas memerintahkan penangkapan ikan tersebut kembali dan dimusnahkan.

Sumber: liputan6.com

 

Hal ini karena ikan arapaima dilarang hidup bebas di perairan Indonesia karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem.

 

Rasa yang Lezat

Walaupun dikenal ganas dan memiliki sifat yang merusak, ikan arapaima disinyalir memiliki rasa yang enak. Akibatnya, harga ikan arapaima juga tergolong sangat mahal. Menurut data dari BBC pada tahun 2014, ikan arapaima pernah menjadi objek buruan besar-besaran para nelayan sehingga mengakibatkan populasinya menurun.

 

Selain karena dagingnya yang enak, ikan arapaima juga dikenal tidak memiliki banyak duri, tidak menimbulkan bau amis serta tekstur dagingnya lembut. Tercatat, untuk setiap ekornya, ikan arapaima dapat menghasilkan daging sebanyak 70 kg. Hal ini yang membuat ikan arapaima banyak diburu.

 

Fakta Lain Ikan Arapaima

Selain sifat ganasnya dan rasa lezat dagingnya, ikan arapaima memiliki fakta unik lain, di antaranya adalah

 

1. Dijuluki Sebagai Living Fossil (Makhluk Purba

Ikan arapaima mendapatkan julukan tersebut tak terlepas dari sifat morfologis serta anatominya yang mirip dengan binatang kuno. Menurut para ahli, ikan dengan nama lain pirarucu ini diklaim telah hidup pada jaman jurasik, berbarengan dengan dinosaurus.

 

2. Mampu Bertahan Tanpa Air Seharian

Keunikan lain dari ikan arapaima adalah memiliki kandung kemih yang dimodifikasi dan dapat digunakan sebagai paru-paru untuk bernapas. Dengan keunikannya itu, ikan arapaima mampu bertahan selama 24 jam di luar air.

 

3. Ikan yang Kuat

Bentuk tubuh yang ramping dan kompleks, serta sirip yang berada di punggung dan daerah anal membuat ikan ini menjadi salah satu perenang yang kuat. Selain itu, ikan arapaima juga memiliki kemampuan untuk melompat di atas permukaan air untuk memangsa katak, belalang hingga burung.

 

 

 

Baca Juga:

Awal 2019, Dunia Dikejutkan dengan Ikan Tuna Seharga Rp 43,7 Miliar

6 Hal yang Menyebabkan Ikan Paus Terdampar

Indonesia Eksportir Ikan Hias Terbesar di Dunia

Pria Ini Berhasil Menangkap Ikan Lele Sebesar Buaya

3 Jenis Alat Tangkap Ikan yang Dilarang Penggunaannya

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon