Pengaruh Plankton Terhadap Pernapasan Udang

December 11, 2018

Plankton dan oksigen terlarut merupakan dua faktor yang wajib ada pada tambak. Untuk itu bagi para petambak, sangat diharuskan untuk menjaga keberadaan kedua faktor tersebut.

 

Plankton memiliki peran dalam mengatur tinggi rendahnya pH air tambak, sedangkan oksigen terlarut berfungsi untuk sistem pernapasan pada udang, sehingga udang dapat hidup dan tumbuh sampai waktu panen tiba.

Sumber: agrotaninusantara.com 

 

Namun, tahukah anda bahwa keberadaan plankton memengaruhi kadar oksigen terlarut dalam tambak dan pernapasan pada udang? Berikut ini penjelasannya

 

Hubungan awal antara plankton dengan oksigen terlarut berawal dari kemampuan plankton yang sudah dijelaskan di atas, yaitu dapat mengatur tingkat keasaman air. Semakin rendah kadar plankton di air, maka tambak akan bersifat asam.

 

Saat tambak mulai bersifat asam, hal ini memacu pertumbuhan bahan organik seperti lumut dan alga. Keduanya diketahui sebagai dalang tercemarnya air pada tambak, akibatnya sirkulasi oksigen pada air akan terganggu.

 

Tidak hanya itu, lumut juga memiliki kemampuan untuk mengikat plankton-plankton yang mati sehingga terkumpul menjadi satu. Hal ini tentu membuat tambak akan terlihat lebih kotor lagi. Keadaan tersebut juga membuat protozoa lebih gampang hinggap.

 

Protozoa yang hinggap pada lumut dapat menyebabkan masalah pada udang. Salah satunya adalah saat mulai masuk ke sela-sela insang udang sehingga menyebabkan respirasi (pernapasan) dan metabolisme udang terganggu.

 

Jika tambak sudah dalam keadaan seperti itu, sebaiknya anda mulai melakukan beberapa langkah di bawah ini

 

Pertama, perbaiki kualitas air dengan cara menumbuhkan plankton-plankton pada tambak anda, agar kecerahan air tambak menjadi optimal antara 30-70 cm. Dengan begitu, cahaya matahari akan sulit menembus hingga ke dasar tambak, yang kemudian akan membuat lumut mati dengan sendirinya karena kekurangan cahaya.

 

Kedua, Gosok dinding tambak menggunakan sikat, agar sisa-sisa lumut dapat hilang sehingga tidak ada lagi tempat protozoa untuk menempel.

 

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa keberadaan plankton pada tambak sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup udang. Untuk itu, wajib bagi anda untuk terus memerhatikan dan menjaganya.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon