Mencegah dan Mengobati Jamuran pada Ikan Gurame

December 5, 2018

Gurame merupakan salah satu ikan yang paling banyak dan paling mudah untuk dibudi dayakan. Hal ini karena ikan gurame tidak terlalu membutuhkan air yang jernih untuk dapat hidup dan berkembang.

 

Walaupun begitu, ikan gurame juga tidak terlepas dari ancaman terkena penyakit.  Salah satu penyakit yang paling sering dijumpai pembudi daya ikan gurame adalah penyakit jamur putih.

Sumber: ikan.info 

 

Jamuran pada ikan gurame termasuk masalah utama yang sering dihadapi oleh para pembudidaya. Biasanya, ikan gurame yang sering mengalami jamuran adalah ikan gurame yang masih muda. Jika tidak ditanggulangi dengan baik, maka akan berujung pada kematian ikan.

 

Ciri Ikan Gurame Jamuran

Gejala ikan gurame yang mengalami jamurarn adalah munculnya bintik atau semacam kapur pada sisik ikan gurame. Awalnya, ikan gurame yang jamuran tidak menunjukkan gejala apapun, namun lama kelamaan ikan gurame akan lemas dan akhirnya mati.

 

Tindakan pertama yang harus anda lakukan adalah memisahkan ikan gurame yang jamuran agar tidak menularkan jamur pada ikan lainnya yang masih sehat.

 

Mencegah Ikan Gurame Jamuran

Walaupun ikan gurame tidak membutuhkan air jernih untuk tetap hidup, namun kualitas dan kebersihan air juga tetap perlu diperhatikan. Karena, memantau dan menjaga kualitas air adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya jamuran pada ikan gurame.

 

Caranya ialah dengan rutin mengganti air kolam dengan air yang baru dan bersih setidaknya 2 minggu sekali, sesuai kebutuhan. Pergantian air diharapkan dapat meminimalisir tumbuhnya penyakit dan jamur pada kolam ikan.

 

Cara kedua adalah dengan memeriksa setiap ikan yang baru atau akan dibudidayakan, terutama pada bentuk bibit. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan semua ikan yang akan dibudidaya dalam keadaan sehat.

 

Mengobati Ikan Gurame Jamuran

Ada banyak jenis obat untuk mengatasi jamuran pada ikan, dan salah satu obat yang terbukti ampuh dalam mengatasi hal tersebut adalah Acriflavine.

 

Acriflavine dikenal sebagai antiseptik jamur pada ikan yang mampu mengatasi beberapa keluhan terkait masalah jamur, antara lain adalah mengatasi munculnya jamur pada ikan, infeksi kulit ikan karena jamur, Saprolegnia dan mulut ikan berjamur.

 

Harus anda ingat sebelum melakukan pengobatan dengan Acriflavine, sebaiknya pisahkan ikan yang terinfeksi ke dalam tangki atau wadah terpisah. Hal ini guna menghindari terjadinya penularan jamur pada ikan lain.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon