Ciri Ikan Keracunan Amonia dan Cara Mengobatinya

December 5, 2018

Penyakit pada ikan dapat disebabkan oleh faktor interal maupun eksternal. Faktor internal adalah penyakit memang sudah ada sejak ikan dalam masa pembibitan, sehingga terbawa dan menulari ikan lainnya saat dewasa. Sedangkan faktor eksternal dihasilkan dari lingkungannya, seperti kuallitas air yang tidak terjaga sehingga mengundang bakteri patogen untuk menginfeksi ikan.

Sumber: fineartamerica.com 

 

Biasanya, penyakit sering menjangkiti ikan diakibatkan oleh faktor eksternal, dan yang paling umum menyebabkan hal ini terjadi karena kondisi lingkungan tempat budi daya tidak terjaga.

 

Air dengan kualitas yang buruk tentu dapat menimbulkan gas-gas beracun yang dapat membunuh ikan, sebut saja gas amonia yang umum muncul di areal kolam budi daya.

 

Ciri Ikan Keracunan Amonia

Ikan yang keracunan amonia akan menunjukkan perilaku-perilaku yang tidak biasanya. Dari segi fisiknya juga akan menunjukkan adanya luka, terutama pada insangnya.

 

Perilaku ikan yang keracunan amonia adalah bergerak menghentak tak beraturan atau bisa juga malah terlihat lesu dan sering berdiam diri di satu titik kolam. Ikan juga akan lebih sering muncul di permukaan dengan mulut yang megap-megap serta mengepak-ngepakkan insangnya. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan oksigen dari udara bebas.

 

Mengobati Ikan Keracunan Amonia

Untuk mengobati ikan yang keracunan amonia, anda dituntut untuk memilih obat yang benar-benar ampuh. Sebab, jika anda salah dalam memilih obat, tentu akan memberikan efek negatif bagi ikan.

 

Methylene Blue adalah jenis obat yang telah terbukti ampuh untuk mengobati ikan yang keracunan amonia dan nitrit. Selain itu, Methylene Blue juga dapat mengobati Oodinum pillaris yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit ikan dalam bentuk luka yang berujung dengan timbulnya kudis.

 

Cara penggunaan Methylene Blue adalah sebagai berikut

  • Masukkan air ke dalam baskom plastik

  • Masukkan Methylenen Blue  ke dalam air tersebut dengan dosis 15 gram per 100 liter air

  • Celupkan ikan yang terinfeksi ke dalam air yang tercampur dengan Methylene Blue selama kurang lebih 10 detik

  • Ikan sudah dapat dikembalikan ke tempat asalnya.

 

Sebelum memutuskan untuk mengobati ikan yang keracunan amonia, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menurunkan kadar amonia yang ada pada kolam budi daya anda.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon