5 Daerah dengan Produksi Kopi Terbaik di Indonesia

November 30, 2018

Sudah banyak gerai-gerai yang menyajikan varian minuman kopi dengan harga yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa kopi saat ini merupakan minuman favorit, terutama di kalangan anak muda masa kini.

 

Ada beberapa jenis kopi yang ada di Indonesia, yaitu Arabica, Robusta, Liberika dan Exelsa. Dari keempat jenis kopi tersebut, hanya dua yang paling sering dijumpai, yaitu Arabica dan Robusta.

Sumber: coffeecapsulesdirect.com 

 

Menurut catatan sejarah, tanaman kopi mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1696 yang dibawa oleh Komandan Pasukan Belanda, dan hingga tersebar sampai saat ini. Namun, dari begitu banyak daerah penghasil kopi di Indonesia, hanya 5 daerah yang dianggap sebagai penghasil kopi terbaik.

 

5. Kopi Kintamani

Kopi ini dibudi dayakan di pegunungan Kintamani, Bali. Per tahunnya, daerah tersebut mampu menghasilkan kopi sekitar 2.000 sampai 3.000 ton. Ciri kopi ini adalah memiliki biji yang besar dan memiliki kekentalan dan keasaman yang sedang. Negara tujuan ekspor untuk kopi kintamani adalah Jepang, Eropa, beberapa daerah Arab dan Australia.

 

4. Kopi Jawa

Kopi jawa paling banyak diproduksi di daerah pegunungan Jember sampai Banyuwangi. Kopi jawa dikenal memiliki 2 varian jenis, yaitu Arabica pada daerah Jawa Tengah dan Robusta pada daerah Jawa Timur. Ciri kopi ini adalah memiliki aroma yang bagus, kekentalan dan keasaman yang sedang serta memiliki rasa yang enak dan seimbang. Tujuan ekspor untuk kopi ini adalah Amerika Serikat dan Eropa.

 

3. Kopi Flores/Bajawa

Kopi ini banyak ditanam di daerah Bajawa, yaitu daerah dataran tinggi sekitar Pegunungan Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi ini dikenal memiliki kekentalan yang tinggi serta keasaman yang rendah. Berbeda dengan kopi yang dihasilkan dari daerah lain, kopi ini memiliki 2 varian rasa, yaitu cokelat dan vanili karamel alami. Kopi ini banyak diekspor ke Amerika Serikat.

 

2. Kopi Toraja

Kopi ini ditanam di daerah pegunungan Toraja Utara dan Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Perbedaan kopi ini dengan kopi lainnya adalah kopi ini dikenal tidak meninggalkan rasa pahit. Rasa khas dari kopi ini adalah rasa tanah dan hutan yang bercampur dengan asam yang rendah. Hal tersebut dapat terjadi karena kopi ini melalui proses pemetikan dengan cara khusus. Tujuan ekspor untuk kopi ini adalah Jepang dan Amerika Serikat.

 

1. Kopi Gayo

Kopi gayo adalah kopi kebanggaan dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kopi ini ditanam di daerah pegunungan Gayo, Aceh Tengah. Kopi ini dikenal dengan tingkat kekentalannya yang lebih ringan dan keasaman yang rendah.

 

Berkat keunggulannya itu, kopi gayo berhasil mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 2010 dan masuk dalam daftar sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Tujuan terbesar dari ekspor kopi gayo adalah Eropa dan Amerika Serikat

 

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon