Seperti Ikan Kembung, Protein Ikan Gabus Juga Lebih Baik dari Salmon

November 29, 2018

Setelah sebelumnya disebutkan bahwa ikan kembung memiliki kandung gizi yang lebih baik dari ikan salmon, ternyata ikan gabus juga demikian. Banyak orang yang tak tahu bahwa kandungan protein pada ikan gabus lebih tinggi dari protein yang dikandung oleh ikan salmon.

 

Riset menunjukkan bahwa gizi dan protein pada ikan gabus sangat ampuh untuk menunjang proses pertumbuhan dan mempercepat penyembuhan luka. Bahkan, ikan gabus juga sangat baik dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sumber: maxmanroe.com 

 

“Ikan gabus mengandung protein albumin, asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bila dibandingkan dengan salmon, zat gizi ikan gabus lebih tinggi”, ujar Daniel Than, General Manager PT Prima Medika Laboratories, seperti dikutip dari viva.co.id

 

Dengan kandungan gizi yang seperti itu, tentu akan sangat mencukupi kebutuhan gizi bagi ibu hamil. Menurutnya, selain komponen gizi pokok, seperti karbohidrat, protein dan lemak ibu hamil juga memerlukan mikronutrien seperti albumin.

 

Jika kebutuhan albumin pada ibu hamil terpenuhi, maka bayi akan berkembang lebih cepat kala berada di dalam kandungan. Sebaliknya, jika ibu hamil kekurangan albumin maka anak akan kekurangan gizi dan pertumbuhannya tidak optimal.

 

Tubuh manusia dikenal dapat memproduksi albumin sendiri, namun perlu dijaga tingkat kecukupannya melalui asupan makanan yang tepat.

 

“Albumin adalah plasma protein yang ada dalam darah yang berfungsi sebagai sarana transportasi nutrisi ke seluruh tubuh dan penyeimbang cairan dalam tubuh”, katanya.

 

Setelah dilakukan riset yang lebih mendalam, didapatkan hasil bahwa ikan gabus memiliki kandungan albumin yang lebih tinggi dibandingkan dengan salmon. Walaupun tingkat albumin dalam darah sangat kecil, yaitu 3,4-55 desiliter, tapi perannya sangatlah besar bagi penyebaran nutrisi dalam tubuh, untuk itulah perlu dijaga kecukupannya.

 

“Satu ekor ikan gabus memiliki kadar albumin sekitar 30,3 persen dan lebih tinggi dari ikan salmon yang hanya kaya akan omega 3,6 dan 9 saja”, tambahnya.

 

Karena ikan gabus adalah ikan air tawar, jadi tidak akan menimbulkan risiko alergi bagi siapa saja yang memakannya. Maka dari itu, anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi ikan gabus.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon