5 Manfaat Luar Biasa Ikan Teri Bagi Kesehatan

November 24, 2018

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan ikan kecil yang satu ini. Ikan teri paling sering disajikan dengan cara digoreng atau disambal. Banyak orang menyukai ikan teri, bahkan sebagian orang sudah merasa nikmat dengan hanya makan nasi hangat ditambah ikan teri goreng.

Sumber: earthjustice.org 

 

Beberapa orang menganggap ikan teri merupakan ikan yang kurang bergizi. Faktanya, anggapan tersebut sangatlah salah, karena ikan teri sama seperti ikan pada umumnya yang memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 5 manfaat ikan teri bagi kesehatan.

 

1. Melindungi Jantung

Kecil-kecil cabe rawit, itulah julukan yang pas untuk ikan teri. Dengan ukurannya yang kecil, ternyata ikan teri memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan ikan lainnya yang memiliki ukuran lebih besar.

 

Salah satu zat yang terkandung dalam ikan teri adalah asam lemak omega 3. Seperti yang kita ketahui, asam lemak omega 3 memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung hingga fungsi otak.

 

2. Menguatkan Tulang

Ikan teri juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Menurut Fiastuti Witjaksono, seorang dokter ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa ikan teri mengandung kalsium sekitar 500 hingga 972 mg.

 

Tidak hanya kalsium, ikan teri juga kaya akan vitamin K, magnesium dan fosfor. Perpaduan keempat zat tersebut sangatlah berperan aktif dalam melindungi dan menjaga kesehatan tulang.

 

3. Membantu Pembentukan Otot

Pembentukan otot sangat berhubungan dengan protein. Nah, ikan teri terbukti memiliki kandungan protein yang tinggi. Per 100 gram atau 1 ons ikan teri mengandung sekitar 16 gram protein. Menggabungkan ikan teri dengan makanan sumber protein lainnnya tentu akan memberikan hasil yang lebih baik.

 

4. Rendah Merkuri

Ikan laut, terutama yang berukuran sangatlah mudah menyerap merkuri. Jika mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri dalam jangka waktu yang panjang tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan fatal, terutama pada anak-anak.

 

Kabar baiknya adalah ikan teri adalah yang termasuk jenis ikan laut yang sangat rendah kandungan merkurinya. Dengan begitu, ikan teri sangat aman untuk dikonsumsi oleh keluarga.

 

5. Mengatasi Anemia

Ikan teri yang beredar di pasaran biasanya diolah dengan cara diasinkan. Kandungan garam yang tinggi pada ikan teri berperan dalam menjaga dan menaikkan tekanan darah, hal ini tentu sangat baik bagi penderita anemia atau kurang darah.

 

Namun, bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi sebaiknya membatasi konsumsi ikan teri, karena bagi penderita hipertensi makanan dengan kadar garam tinggi dapat memperburuk kondisi tersebut.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon