5 Laut Paling Dalam di Dunia

November 24, 2018

Laut memiliki keindahan yang tak tergantikan, sehingga banyak orang rela mendatanginya demi menenangkan pikiran. Tidak hanya bagian permukaannya saja, bagian dalam laut juga menyimpan keindahan yang luar biasa.

 

Namun, ada batas kedalaman laut yang bisa dijangkau oleh manusia, karena semakin dalam laut, maka akan semakin tinggi pula tekanan airnya. Tak heran jika saat ini, alat-alat canggih telah diciptakan untuk menjelajah kedalaman laut yang tidak bisa dijangkau langsung oleh manusia.

Sumber: informationng.com 

 

Sekitar 70% permukaan bumi dikuasai oleh laut dengan kedalaman bervariasi. Pada ulasan kali ini, kami rangkumkan untuk anda 5 laut terdalam yang ada di dunia.

 

5. Laut Jepang

Kedalaman laut Jepang tercatat sekitar 1.666 meter. Laut jepang juga terhubung dengan laut lainnya melalui beberapa selat, yaitu Selat Tartary, Selat Tsugaru, Selat Kanmon dan Selat Korea. Laut Jepang juga dikenal memiliki permukaan yang cukup tenang.

 

4. Laut Karibia

Kedalaman rata-rata dari Laut Karibia adalah 2575 meter. Laut Karibia juga merupakan salah satu lautan air asin terbesar di dunia yang membentang seluas 2.754.000 kilometer persegi. Tercatat bahwa titik terdalam dari laut ini berada di wilayah Cavman Trough, yang memiliki kedalaman 7686 meter.

 

3. Samudra Atlantik

Pada urutan ketiga laut terdalam di dunia diduduki oleh Samudra Atlantik, dengan kedalaman rata-rata mencapai 3.575 meter. Titik terdalam dari Samudra Atlantik berada di daerah ‘Puerto Rico Trench’ yang mencapai 8.605 meter. Samudra ini juga memiliki sejarah kelam, yaitu sering menjadi tempat karamnya kapal-kapal besar. Salah satu kapal yang pernah tenggelam di sana adalah Titanic yang menabrak gunung es.

 

2. Samudra Hindia

Kedalaman rata-rata dari Samudra Hindia dapat mencapai 3.840 meter dengan volume air sekitar 292.131.000 kilometer kubik. Samudra Hindia juga merupakan samudra terhangat di dunia. kelebihan dari samudra ini adalah banyaknya spesies laut yang hidup di sana, sehingga Samudra Hindia termasuk ke dalam lautan terkaya di dunia.

 

1. Samudra Pasifik

Pada peringkat pertama sebagai lautan terdalam di dunia jatuh pada Samudra Pasifik. Tercatat, kedalaman rata-rata Samudra Pasifik adalah 3.939 meter dengan luas 169,2 juta kilometer persegi.

 

Bagian terdalam dari Samudra Pasifik adalah Palung Mariana dengan kedalaman sekitar 10.911 meter. Keistimewaan lain dari Samudra Pasifik adalah laut dengan gunung laut terbanyak di dunia.

 

Kabar baik bagi kita semua bahwa Indonesia berada di wilayah laut pada urutan 1 dan 2 terdalam dan terluas di dunia. Sebagai warga negara Indonesia, kita sepatutnya bangga dan terus berusaha untuk memanfaatkan dan menjaga sumber daya alam yang ada dengan cara meningkatkan produktifitas pada sektor perikanan dengan prosedur-prosedur yang sehat, serta katakan 'TIDAK' untuk mencemari laut.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon