Cara Memasang Kincir Tambak dengan Benar

November 19, 2018

Kincir air merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam tambak. Kincir air berfungsi dalam menyuplai oksigen ke dalam air tambak sehingga komoditi tambak seperti udang dan ikan dapat bernapas dengan baik.

 

Pada umumnya, tambak yang dijual di pasaran dalam bentuk terbongkar. Maka dari itu, anda sebagai pengusaha pertambakan sebaiknya mengetahui teknis pemasangan atau perakitan kincir tambak yang baik.

Sumber: isw.co.id 

 

Pada ulasan kali ini, kami akan menjabarkan langkah demi langkah dalam memasang kincir tambak yang baik.

 

Langkah 1

Pastikan permukaan tempat pemasangan datar dan stabil, kemudian letakkan kedua pelampung secara berdampingan dan sejajar. Pastikan bahwa anda telah menempatkan kedua pelampung pada arah yang sama.

 

Langkah 2

Letakkan rangka besi di atas pelampung sejajar dengan posisi lubang rangka. Pastikan rangka dan pelampung bertemu dan presisi terpasang.

 

Langkah 3

Letakkan gearbox dinamo set di atas rangka besi dan pastikan letak tutup oli gearbox berlawanan arah dengan arah laju air. Kemudian kunci dengan empat 3/8” x 1 ½” bolts, empat mur 3/8” dan delapan washer.

 

Langkah 4

Langkah selanjutnya adalah tempatkan kopling pada poros dan pastikan lubang pada kopling dan bagian datar poros sejajar. Kemudian pasang baut agar poros dapat melekat pada kopling dengan aman.

 

Langkah 5

Pasang dudukan kincir pada Shaft (poros besi) di setiap sisinya menggunakan baut 3/8” x 1 ½” dan mur 3/8”.

 

Langkah 6

Masukkan satu shaft (poros) besi dengan dudukan kincir serta pasang kipasnya. Pastikan kipas kincir menghadap ke arah yang benar (arah aliran air).

 

Langkah 7

Tempatkan kipas lainnya pada sisi satunya, sejajar dengan poros besi yang sudah ada dudukan kincirnya. Lalu kencangkan baut dan mur agar melekat dengan aman.

 

Langkah 8

Setelah asli listrik memasang kabel untuk penggunaan sumber energi (genset/listrik pln). Jangan lupa untuk menggunakan magnetik switch MCB untuk menghindari korsleting.

 

Langkah 9

Langkah terakhir adalah tutup set gearbox dan motor menggunakan penutup. Perakitan atau pemasangan kincir telah selesai dan sudah digunakan pada tambak.

 

Demikian ulasan dari kami mengenai teknis pemasangan atau perakitan kincir air tambak, semoga bermanfaat.

 

 

Baca Juga:

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon