Udang Vaname VS Udang Windu. Mana yang Lebih Menguntungkan?

November 14, 2018

Udang yang paling banyak dibudidayakan di kalangan petambak adalah udang vaname dan udang windu. Keduanya memiliki pasar masing-masing dan berpotensi menghasilkan untung yang besar.

 

Tercatat pada tahun 2015 lalu, kedua udang ini menjadi jawara sebagai udang paling banyak diekspor oleh Indonesia.

 

Namun, beberapa tahun terakhir udang windu kehilangan pamor di kalangan petambak akibat dari beberapa hal, salah satunya adalah semakin menurunnya penyedia bibit udang windu.

Sumber: djpb.kkp.go.id 

 

ANALISA MASALAH

 

Penurunan jumlah penyedia bibit udang windu membuat petambak sulit untuk mendapatkan bibit yang berkualitas. Diketahui, Aceh adalah salah satu daerah penyedia bibit udang windu yang memiliki kualitas baik.

 

Tapi, hal ini menjadi kendala bagi petambak yang berada di daerah luar Aceh. Mereka harus berjuang lebih untuk mendapatkan bibit berkualitas tersebut dengan risiko kematian yang hampir 50%.

 

Dilansir dari medanbisnisdaily.com, seperti para petambak yang ada di Sicanang, Kecamatan Medan Belawan. Suhendra, salah satu petambak mengatakan ia membeli bibit udang windu dari Aceh dengan harga Rp 50 ribu per ekor, dengan risiko kematian hingga 50%.

 

Hal ini karena dalam perjalanan dari Aceh ke Medan membutuhkan waktu lebih dari 5 jam, sehingga udang berada di dalam plastik lebih lama sebelum akhirnya dilepaskan ke tambak.

 

Lamanya udang windu di dalam plastik membuat tingkat stres udang meningkat sehingga udang lebih cepat mati.

 

Dari kendala tersebut, banyak petambak saat ini beralih ke budi daya udang vaname. Hingga saat ini, produksi udang vaname menjadi yang terbesar dibandingkan dengan udang lainnya.

 

Sebagai jenis udang paling banyak diproduksi di Indonesia, tentu udang vaname tak terlepas dari permintaan pasar yang besar pula. Dengan begitu, sangat jelas bahwa saat ini budi daya udang vaname memberikan keuntungan yang besar.

 

Dibandingkan dengan udang windu, bibit udang vaname saat ini sangat mudah untuk ditemukan. Adaptasi udang vaname terhadap lingkungannya juga lebih baik bila dibandingkan dengan udang windu, namun tetap membutuhkan pengawasan dan perawatan yang tepat dan intensif.

 

KESIMPULAN

 

Jadi, manakah yang paling menguntungkan antara budi daya udang vaname dan udang windu?

 

Mengingat kendala udang windu yang sangat sulit didapat bibitnya dibandingkan udang vaname serta tingkat popularitas udang vaname melebihi jenis udang lainnya di Indonesia. Maka, yang lebih menguntungkan adalah budi daya udang vaname.

 

 

Baca Juga:

1. Memahami Sifat dan Tingkah Laku Udang Vaname

2. Tingkah Laku Udang Vaname yang Menunjukkan Adanya Masalah

3. Membuat Pakan Udang Vaname Sendiri

4. Tingkat Konsumsi Oksigen Udang Vaname Sebelum dan Sesudah Pemberian Pakan

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon