Sengatan Mematikan Ikan Pari dan Cara Mengatasinya

November 13, 2018

Ikan pari merupakan salah satu ikan yang dapat menyengat. Sudah banyak laporan mengenai sengatan ikan pari terhadap manusia, salah satu di antaranya yang pernah tersengat ikan pari adalah Menteri Agama Lukman Hakim beberapa waktu lalu di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

 

Bahkan, ada yang sampai meninggal karena sengatan ikan pari. Steve Irwin, yang merupakan pawang sekaligus pemburu buaya asal Australia dinyatakan meninggal setelah tersengat ikan pari pada 2016 lalu.

Sumber: radarmalang.id 

 

1. Alasan Mengapa Menyengat

Ikan pari sebenarnya dikenal sebagai hewan jinak dan tak mau mengganggu. Alasan ikan pari menyengat ialah karena dia merasa terancam. Dengan kata lain, ikan pari mencoba melindungi dirinya dari serangan pengganggu.

 

Pada kasus manusia tersengat ikan pari, biasanya tanpa sengaja mereka berenang sambil menginjak tubuh ikan pari. Dengan otomatis, ikan pari akan memainkan ekornya dan mengarahkannya pada si pengganggu. Biasanya, target sengatan ikan pari adalah bagian pergelangan kaki dan tangan.

 

2. Racun Ikan Pari

Pada ekor ikan pari terdapat kelenjar racun, tepatnya pada tulang belakang dan selaput yang menutupi seluruh mekanisme sengatan.

 

Mekanisme sengatan ikan pari sebenarnya merobek bagian tubuh mangsanya. Dari sengatan itu, ikan pari akan meninggalkan racun pada jaringan tubuh yang robek melalui ekornya yang runcing dan bergerigi.

 

Racun ikan pari sebenarnya tidak terlalu fatal, namun sangat menyakitkan. Hal tersebut dikarenakan racun ikan pari mengandung senyawa enzim 5-nukleotidase dan fosfodiesterase, juga serotonin neurotransmiter

 

3. Bahaya Racun Ikan Pari

Jika yang tersengat bagian kaki, maka kemungkinan dapat disembuhkan. Namun, tetap membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat. Jika terlambat, kaki bisa diamputasi.

Paling berbahaya jika racun masuk ke dalam rongga perut, dada atau bagian vital lainnya.

 

Bagian yang paling merusak dari sengatan ikan pari adalah durinya. Walaupun saat menyengat tidak selalu mengeluarkan racun, tapi robekan yang ditimbulkan oleh durinya tadi, terutama pada bagian dada dan perut akan memicu kematian akibat dari robekan yang lebar.


4. Cara Mengatasi Sengatan Ikan Pari

Jika anda tersengat ikan pari, maka anda harus mengambil langkah untuk merawat luka yang ditimbulkan dengan segera.

 

  • Sirami Luka dengan air. Penyiraman luka bertujuan untuk membersihkan luka dari benda-benda asing yang bisa saja tertinggal pada area luka. Kemudian keringkan luka dengan handuk.

  • Kendalikan pendarahan. Luka dari sengatan ikan pari akan menimbulkan robek dan pendarahan. Maka, untuk itu anda harus mengendalikan pendarahan tersebut, dengan cara tetap tenang dan tekan sumber pendarahan sampai benar-benar berkurang atau  berhenti.

  • Awasi dan periksa luka secara berkala. Usahakan agar area luka tetap dalam keadaan bersih dan kering. Perhatikan gejala lanjutan yang ditimbulkan, bisa berupa bengkak, gatal, nyeri atau bahkan mengeluarkan cairan.

  • Mencari Pengobatan Medis. Jika anda merasa luka semakin menimbulkan gejala serius, maka sebaiknya anda pergi menemui dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif guna menghindari hal-hal tidak diinginkan.

 

 

Baca Juga:

1. Mengapa Ikan Betutu Dijuluki Sebagai Ikan Malas?

2. Ikan Limbat, Saudara Lele yang Miliki Banyak Manfaat

3. Cara Mengatasi Duri Ikan Menyangkut di Tenggorokan

4. Fakta Unik Belut Listrik, Buta Karen Listriknya Sendiri

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon