Anda Harus Waspada! Inilah 4 Ikan Dengan Duri Paling Banyak

November 12, 2018

Ikan merupakan sumber protein yang paling mudah untuk didapatkan serta harganya yang tidak begitu mahal. Namun, ada beberapa orang yang tidak suka makan ikan karena beberapa faktor.

 

Salah satu faktor yang membuat orang enggan untuk mengonsumsi ikan adalah karena ikan memiliki banyak duri. Tidak semua ikan memang, namun ada beberapa ikan yang dikenal karena durinya yang banyak. Ikan-ikan tersebut adalah

 

Ikan Bandeng

Sumber: fishxperts.com 

 

Habitat asli ikan bandeng adalah air asin. Namun, ikan bandeng juga dapat dibudi dayakan pada air payau. Ikan bandeng memiliki struktur tulang yang kompleks dari kepala hingga ekor. Bagian yang paling banyak tulang atau durinya biasanya adalah bagian ekor.

 

Hal ini karena ekor adalah bagian tubuh yang biasa digunakan untuk berenang dan bergerak, sehingga membutuhkan kerangka yang lebih kompleks. Untuk itu, sebaiknya anda berhati-hati saat memakan ikan bandeng terutama bagian ekornya.

 

Ikan Mas

Sumber: fishxperts.com 

 

Ikan mas merupakan ikan air tawar dengan duri terbanyak. Sama seperti ikan bandeng, struktur tulang pada ikan mas sangat kompleks dari kepala hingga ekornya.

 

Bahkan, disela-sela dagingnya juga terdapat duri-duri halus yang sewaktu-waktu dapat termakan oleh orang yang mengonsumsinya. Untuk itu, anda harus lebih teliti saat memakan ikan mas, agar terhindar dari tersangkutnya duri pada tenggorokan.

 

Ikan Patin

Sumber: fishxperts.com 

 

Ikan air tawar kedua dengan duri terbanyak adalah ikan patin. Ikan yang biasa hidup di bawah sungai ini juga dikenal memiliki rasa daging yang enak saat dimasak. Untuk itu, sebaiknya anda lebih berhati-hati saat mengonsumsi ikan patin, terlebih bagi anak-anak yang ingin merasakan daging ikan patin.

 

Ikan Kembung

Sumber: fishxperts.com

 

Ikan laut yang paling gampang dijumpai di pasaran adalah ikan gembung. Harga yang relatif murah membuat ikan kembung tak jarang menjadi pilihan utama demi memenuhi kebutuhan gizi harian rumah tangga.

 

Ikan kembung juga termasuk ke dalam ikan banyak duri, namun tidak sebanyak duri ketiga ikan di atas. Tapi, tetap saja anda harus waspada saat mengonsumsinya.

 

 

Baca Juga:

1. Fakta Unik Belut Listrik, Buta Karena Listriknya Sendiri

2. Beberapa Ikan Laut yang Berpotensi Tingkatkan Budidaya Laut Indonesia

3. Belut, Hewan Berlendir yang Kaya Nutrisi

4. Mengenal Beberapa Jenis Ikan Gurame

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon