Belut, Hewan Berlendir yang Kaya Nutrisi

November 9, 2018

Belut merupakan kelompok ikan yang memiliki bentuk tubuh menyerupai ular, namun tak bersisik. Selain itu, belut juga aktif memproduksi lendir pada tubuhnya, hal ini yang membuat sebagian orang merasa jijik dengan belut.

 

Ada yang merasa jijik, tentu ada juga yang sangat menyukai. Belut dikenal sebagai ikan yang cukup banyak memiliki penggemar. Hal ini terbukti dari cukup mudahnya belut  ditemukan di warung-warung pecal dan nasi padang.

Sumber: tribunnews.com 

 

Kandungan Gizi Belut

Belut diketahui mengandung gizi makro dan mikro. Kandungan gizi makro pada 100 gram belut adalah

  • Kalori, sebesar 384 kkal

  • Karbohidrat, sebesar 7,85 gram

  • Protein, sebesar 28,5 gram

  • Lemak, sebesar 25,5 gram

Sementara itu, zat gizi mikro yang terkandung pada belut adalah fosfor, zat besi, vitamin A dan B kompleks serta mineral turunan protein yang lengkap.

 

Beruntung bagi anda yang menyukai dan gemar mengonsumsi belut, sebab belut sangat kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat mengonsumsi daging belut antara lain

 

Mencegah Tulang Keropos

Kandungan fosfor pada daging belut berguna untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau yang sering disebut dengan osteoporosis. Selain itu, anda bisa mengombinasikannya dengan susu atau yogurt untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Mencegah Anemia

Belut diketahui mengandung zat besi. Nah, zat besi ini sangat berguna dalam mencegah terjadinya kurang darah atau anemia. Zat besi juga dapat menyeimbangkan kadar hemoglobin pada sel darah bagi orang yang sudah mengalami anemia.

 

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Arginin merupakan salah satu asam amino yang terkandung dalam daging belut. Salah satu manfaat dari arginin adalah mencegah berkembangnya sel kanker, terutama sel kanker pada payudara. Selain itu, arginin pada daging belut juga berfungsi dalam hal menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah.

 

 

Baca Juga:

1. Fakta di Balik Isu Ikan Lele Dapat Sebabkan Kanker

2. Mengenal Lebih Dekat Probiotik Pada Budi Daya Perairan

3. Mengenal Beberapa Jenis Ikan Gurame

4. Mengapa Ikan Betutu Dijuluki Sebagai Ikan Malas?

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon