Ikan Betutu, Ikan Malas yang Bisa Buat Awet Muda

November 7, 2018

 

Jarang dijumpai di pasaran tidak membuat ikan betutu tak memiliki peminat setia, walaupun peminatnya tak sebanyak ikan-ikan lainnya.

 

Ketertarikan orang dengan ikan betutu tak terlepas dari rasa dagingnya yang gurih dan juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Hal tersebutlah yang membuat ikan betutu memiliki harga jual yang cukup mahal, hingga mencapai Rp 180 ribu per kilo.

Sumber: factsofindonesia.com 

 

Nutrisi pada Ikan Betutu

Seperti ikan pada umumnya, ikan betutu dikenal dengan ikan yang kaya nutrisi, seperti vitamin dan protein. Vitamin yang paling banyak terkandung pada daging ikan betutu adalah vitamin E, sedangkan protein yang ada pada daging ikan betutu adalah albumin. Manfaat dari kandungan nutrisi ikan betutu bagi kesehatan antara lain

 

Menghaluskan Kulit dan Membuat Awet Muda

Bagi wanita, hanya dengan mengonsumsi ikan betutu 100 gram per harinya, maka kulit akan menjadi lebih halus. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan vitamin E pada ikan betutu yang sangat tinggi. Vitamin E sendiri dikenal memiliki manfaat dalam hal kecantikan serta kesehatan kulit.

 

Kesehatan kulit yang terjaga tentu memberikan efek awet muda, karena vitamin E yang ada pada ikan betutu juga memberikan efek relaksasi bagi sel-sel kulit yang kemudian meregenerasi sel-sel kulit mati penyebab kerutan.

 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan albumin pada ikan betutu sangat bermanfaat bagi proses penyembuhan luka, terutama luka jahitan. Hal itu dapat terjadi karena sifat albumin yang dapat mempercepat penyatuan jaringan kulit pada tubuh. Dengan mengonsumsi ikan betutu secara rutin atau ikan lainnya yang memiliki kandungan albumin, maka proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi akan cepat pulih.

 

Mempercepat Penyatuan Tulang yang Patah

Mengonsumsi ikan betutu pada saat proses pemulihan patah tulang merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat mempercepat luka, kandungan albumin ikan betutu juga dapat mempercepat pemulihan dan penyatuan sel-sel tulang yang patah.

 

Dapat Mengobati Penyakit Hepatitis

Hepatitis terjadi karena hati tidak mendapatkan cakupan albumin yang cukup. Dengan mengonsumsi ikan betutu, maka kebutuhan hati akan albumin dapat segera diatasi, sehingga perlahan penyakit hepatitis akan membaik.

 

 

Baca Juga:

1. Mengapa Ikan Betutu Dijuluki Sebagai Ikan Malas?

2. Ikan Betutu, Si Malas Berharga Mahal

3. Hewan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi

4. Salmon, Ikan dengan Kulit Paling Bergizi di Dunia

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon