Mengapa Ikan Betutu Dijuluki Sebagai Ikan Malas?

November 6, 2018

 

Nama ikan betutu memang tak sepopuler nama ikan mas, ikan nila, ikan gurami ataupun ikan mujair di pasaran Indonesia. Namun, sebenarnya nama ikan betutu cukup dikenal di kancah dunia dan kerap dijadikan sebagai menu santapan di berbagai restoran bintang lima.

 

Banyak pendapat terkait daerah asal dari ikan betutu ini. Ada yang mengatakan ikan dengan tampang menyeramkan ini berasal dari pulau Kalimantan, ada juga yang mengatakan berasal dari pulau Sumatera karena sejak dulu sudah ada di sana dan menjadi maskot dari Kabupaten Talang Betutu, Sumatera Selatan.

Sumber: tripadvisor.co.za 

 

Nama Lain Ikan Betutu

Saat ini, ikan betutu sudah menyebar luas di Nusantara dan banyak dijumpai di Pulau Jawa. Akibat dari persebaran itu, ikan betutu memiliki banyak nama lain, sesuai daerahnya. Seperti, ikan hantu karena tampilannya yang menyeramkan, bakut, bakutut, belosoh dan yang paling terkenal adalah ikan malas.

 

Alasan Disebut Sebagai Ikan Malas

Julukan sebagai Ikan Malas ini didapat dari sifat ikan betutu yang pemalas, jarang bergerak dan tahan hingga berjam-jam tanpa berpindah posisi sedikitpun. Jika dalam keadaan kenyang, ikan betutu tidak akan menyentuh makanan yang ada di hadapannya.

 

Harga yang Mahal

Dibalik wajahnya yang seram serta julukan ikan malas yang disandangnya, ternyata ikan betutu memiliki harga yang mahal. Di Indonesia, harga ikan betutu mencapai Rp 180 ribu per kilonya dan lebih mahal dari harga ikan kakap merah per kilonya. Sedangkan di Singapura, harga ikan betutu bisa mencapai Rp 300 ribu per kilonya.

 

 

Baca Juga:

1. Ikan Betutu, Si Malas Berharga Mahal

2. Hewan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi

3. Mengenal Ikan Patin, Ikan Omnivora yang Hidup di Dasar Sungai

4. Tingkah Laku Udang Vaname yang Menunjukkan Adanya Masalah 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon