Cara Mengukur Kadar Oksigen Terlarut Dalam Air

November 6, 2018

Oksigen terlarut adalah komponen penting yang harus selalu tersedia pada air tambak, karena ikan atau udang sangat memerlukan oksigen untuk bernapas. Kekurangan oksigen terlarut pada tambak akan menyebabkan Deplesi Oksigen, yaitu kondisi di mana ikan atau udang akan mati secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar.

 

Untuk mencegah hal itu terjadi, anda perlu melakukan pengecekan oksigen terlarut dalam tambak atau kolam secara rutin.

Sumber: jagad.id 

 

Dissolve Oxygen (DO)

Dissolve Oxygen adalah kadar oksigen yang ada di dalam air. Oksigen yang terlarut itu berasal dari atmosfer langsung yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh biota air. DO juga merupakan tolak ukur untuk menentukan bagus atau tidaknya suatu perairan. Semakin besar nilai DO yang terkandung, maka semakin baik kualitas air tersebut.

 

Tinggi rendahnya nilai DO tergantung pada zat organik dalam air dan suhu air. Semakin tinggi suhu air maka nilai DO nya akan semakin rendah. Sebaliknya, jika suhu air rendah maka nilai DO akan semakin tinggi.

 

Alat Untuk Mengukur Kadar Oksigen Terlarut (Dissolve Oxygen)

Sumber: isw.co.id

 

Untuk mengetahui kadar DO pada air, anda membutuhkan suatu alat yang disebut dengan DO Meter.

 

DO Meter adalah singkatan dari Dissolve Oxygen Meter, merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan kadar oksigen terlarut dalam air yang kemudian dapat menjadi acuan dasar untuk menyimpulkan baik atau tidaknya kualitas air yang ada di kolam atau tambak.

 

Cara Menggunakan DO Meter

Cara penggunaan DO Meter sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencelupkan pen pada DO Meter ke dalam air, maka dengan otomatis nilai Oksigen Terlarut akan terlihat pada monitor DO Meter.

 

Lakukan pengecekan DO secara berkala, minimal dua kali sehari serta jaga kadar DO pada nilai 5 ppm. Apabila kadar DO mulai menurun, anda bisa langsung mengaktifkan kincir air demi menyeimbangkannya.

 

Demi menjaga ketersediaan oksigen terlarut dalam usaha kolam atau tambak anda, kami ISW Group menyediakan DO Meter Lutron DO-5510, yang merupakan DO Meter terbaik saat ini.

 

 

Baca Juga:

1. Oksigen Terlarut dalam Budidaya Perairan

2. Penyebab Meningkatnya Amonia Pada Air Kolam dan Cara Mengatasinya

3. Selain Dapat Cerahkan Wajah, Spirulina Juga Dapat Cerahkan Warna Ikan

4. Kincir Air Terbaik Untuk Tambak

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon