Beberapa Fenomena Menakjubkan yang Pernah Terjadi di Laut

November 5, 2018

Lautan luas yang ada di berbagai penjuru dunia sudah pasti menyimpan beragam misteri. Salah satu misteri yang sering kali terjadi adalah fenomena alam.

 

Ada yang berupa cahaya hijau, kabut tebal dan masih banyak lagi tercatat pernah terlihat di hamparan air laut dari berbagai daerah. Pada ulasan kali ini, kami sajikan kepada anda mengenai beberapa fenomena alam menakjubkan yang pernah terjadi di lautan.

 

Green Flash

Sumber: marineinsight.com 

 

Fenomena satu ini sangat sering terjadi, terutama di waktu akan terbenam dan terbitnya matahari. Kilatan cahaya tersebut biasanya muncul beberapa detik sebelum matahari benar-benar terbenam atau terbut.

 

Kilatan cahaya hijau ini tercipta dari efek prisma alami dari atmosfer bumi. Selama matahari terbenam ataupun terbit, cahaya yang dihasilkan oleh matahari akan menyimpang dan membentuk beberapa warna, yang terlihat seakan-akan memancarkan flash hijau.

 

Bioluminescence atau Air Laut Bercahaya

Sumber: hakaimagazine.com

 

Fenomena ini tercipta dari kandungan zat kimia pada tubuh beberapa hewan laut yang berinteraksi dengan kadar oksigen di atmosfer, sehingga membuat tubuh hewan laut tersebut menimbulkan cahaya.

 

Cahaya yang keluar dari tubuh hewan laut ini merupakan mekanisme pertahanan diri, agar terhindar dari predator di malam hari. Salah satu spesies laut yang dapat menghasilkan cahaya pada tubuhnya adalah ubur-ubur.

 

Dua Laut yang Tak Menyatu

Sumber: marineinsight.com 

 

Fenomena air laut tak menyatu ini terjadi di Teluk Alaska. Fenomena yang pertama kali diabadikan oleh fotografer bernama Kent Smith ini memperlihatkan pertemuan antara air laut Samudra Pasifik dan air dari Laut Bering yang tak menyatu.

 

Perbedaan kepadatan air, salinitas dan suhu keduanya adalah kunci dari terjadinya fenomena ini.

 

Menurut ilmuwan, air yang berasal dari Samudra Pasifik sama seperti air laut pada umumnya. Sedangkan air yang berasal dari Laut Bering berasal dari gletser yang mencair. Diketahui bahwa gletser berasal dari air tawar yang membeku dengan kandungan mineral yang tinggi. Hal inilah yang membuat keduanya tak dapat menyatu.

 

Busa Air Laut

Sumber: marineinsight.com 

 

Terkadang, air laut akan menimbulkan efek busa pada ombaknya layaknya busa yang berasal dari air detergen. Hal ini mungkin terjadi disebabkan oleh adanya gangguan atau kelainan yang terjadi pada organisme yang berada di permukaan air akibat adanya pasang surut yang konstan.

 

Dalam beberapa kasus diketahui bahwa terbentuknya busa air laut ini juga tak terlepas dari adanya limbah-limbah kimia yang disebabkan oleh aktivitas manusia tak bertanggung jawab.

 

 

Baca Juga:

1. Pemandangan Beberapa Pesawat dan Kapal yang Karam Puluhan Tahun Lalu

2. Hewan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi

3. Jepang Terapkan Proyek Budidaya Perikanan Lepas Pantai yang Pertama

4. Salmon, Ikan dengan Kulit Paling Bergizi di Dunia

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon