Pemandangan Beberapa Pesawat dan Kapal yang Karam Puluhan Tahun Lalu

November 3, 2018

Luasnya lautan di bumi tak terlepas dari beragam misteri. Banyak pesawat dan kapal tercatat tenggelam di berbagai lautan di penjuru dunia. Seperti yang terjadi baru-baru ini, pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat sesaat setelah Take Off dari Jakarta menuju Pangkal Pinang.

 

Kejadian tersebut membuat banyak orang terkenang akan kejadian-kejadian lalu mengenai hal yang serupa. Mungkin, banyak juga orang yang berpikir mengenai apa yang akan terjadi jika bangkai pesawat dan kapal tersebut berada di dasar lautan dalam waktu lama.

 

Pada ulasan kali ini, kami berikan beberapa foto pemandangan bangkai pesawat dan kapal di dasar laut yang tenggelam puluhan tahun lalu.

 

Pesawat Tempur B-17G Flying Fortress

Sumber: bbc.com

 

Pesawat tersebut tercatat beroperasi pada masa Perang Dunia II. Menurut catatan sejarah, karamnya pesawat tempur tersebut disinyalir karena terkena bom. Terlihat dari fotonya, pesawat yang tenggelam di lepas pantai Vis, Kroasia ini masih dalam kondisi dan bentuk yang baik.

 

Foto tersebut diabadikan oleh Steve Jones, fotografer asal Inggris yang terkenal sangat suka mengambil foto situs-situs yang memiliki nilai sejarah.

 

Kapal Perang HMS Audacious

Sumber: bbc.com

 

Selama berkarir, Steve Jones sudah banyak mengambil foto pesawat dan kapal yang karam berpuluh tahun lamanya. Salah satu kapal yang pernah menjadi objek fotografinya adalah Kapal Perang HMS Audacious, yang pertama kali hilang pada masa Perang Dunia I.

 

Kapal Selam HMS Stubborn

Sumber: bbc.com

 

Foto ini diabadikan oleh seorang fotografer bernama Anders Nyberg asal Swedia. Tercatat bahwa kapal selam ini karam pada tahun 1946, tepatnya pada masa Perang Dunia II

 

Sepeda Motor BSA M20

Sumber: bbc.com

 

Pengalaman menakjubkan yang pernah terjadi selama hidup Nyberg adalah saat ia bersama istri sedang berlibur di kepulauan Esparto Santo, Vanuatu dan memutuskan untuk menyelami Kapal SS President Coolidge yang karam pada tahun 1942.

 

Saat menyelam, ia menemukan kargo kapal yang masih penuh dengan barang bawaan, termasuk sepeda motor BSA M20 yang dipakai oleh prajurit Inggris pada Perang Dunia II.

 

Kapal kargo Chrisoula K

Sumber: bbc.com

 

Kapal ini tenggelam di laut merah karena menabrak karang pada tahun 1980. Jordi Benitez adalah fotografer yang berhasil mengabadikannya.

 

Menurutnya, hal itu sangat menakjubkan sekaligus menyenangkan bisa menyaksikan bongkahan besi besar yang telah lama tenggelam kini menjadi rumah bagi ikan-ikan yang ada di sana.

 

“Sangat menyenangkan bisa melihat bagaimana laut membuat bongkahan besi besar menjadi rumah bagi sekelompok ikan dan bagaimana ekosistem baru tercipta di sekitar bangkai kapal itu”, ujarnya seperti dikutip dari bbc.com

 

 

Baca Juga:

1. Penyebab Arus Laut Deras yang Buat Penyelam Sulit Jangkau Lokasi Blackbox Lion Air JT 610

2. Mengenal Ikan Patin, Ikan Omnivora yang Hidup di Dasar Sungai

3. Jangan Lakukan Hal ini Saat Memasak Ikan Salmon

4. Keuntungan Menerapkan Sistem Bioflok pada Budidaya Perikanan

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon