Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan

October 29, 2018

Ikan mujair merupakan ikan air tawar yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gampang didapat, harga terjangkau dan mengandung nutrisi yang berguna bagi kesehatan merupakan kelebihan yang disukai oleh masyarakat.

 

Beberapa nutrisi yang dikandung oleh ikan mujair ialah vitamin, mineral, protein, asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi lainnya yang jika dikonsumsi dapat menyehatkan.

Sumber: cnnindonesia.com

 

Untuk itu, kami berikan ulasan mengenai manfaat ikan mujair bagi kesehatan untuk anda.

 

Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebagai ikan yang kaya akan protein, mengonsumsi ikan mujair dapat memberikan efek baik terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan organ. Dengan demikian, ikan mujair sangatlah cocok bila dikonsumsi oleh anak-anak, mengingat mereka sangat membutuhkan asupan nutrisi guna menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Cocok Untuk Diet

Kandungan protein yang tinggi, namun rendah akan kalori dan lemak. Hal itu yang membuat ikan mujair cocok dijadikan sebagai makanan penunjang diet demi pertumbuhan otot maksimal serta mengurangi kadar lemak tubuh.

 

Kesehatan Tulang

Selain mengandung protein dan vitamin, ikan mujair juga mengandung fosfor, yang merupakan mineral penting bagi  pertumbuhan dan perkembangan tulang. Fosfor berfungsi dalam mencegah osteoporosis yang biasa diderita oleh orang-orang tua.

 

Mencegah Kanker Prostat

Kandungan selenium pada ikan mujair juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker prostat pada laki-laki. Antioksidan seperti selenium memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang bermanfaat untuk menurunkan kemungkinan stres pada sistem organ dan menekan mutasi sel-sel sehat menjadi sel kanker.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan mujair juga kaya akan omega 3 yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular. Hal ini menjelaskan bahwa mengonsumsi ikan mujair dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

 

Kandungan kaliumnya juga berfungsi mengurangi tekanan darah yang juga merupakan salah satu kunci dalam kesehatan jantung.

 

Kesehatan Otak

Kombinasi antara kalium dan asam lemak omega 3 pada ikan mujair juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas pada kinerja otak dan meningkatkan fungsi neurologis.

 

Kalium dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak dan sangat penting terhadap keseimbangan cairan yang ada di seluruh tubuh.

 

Mencegah Penuaan Dini

Selenium pada ikan mujair juga dapat merangsang produksi vitamin E dan vitamin C pada tubuh. Kedua vitamin ini juga berperan aktif dalam menjaga kualitas dan kesehatan kulit.

 

Oleh karena itu, lebih dari 20% selenium harian yang disediakan oleh ikan mujair membuatnya menjadi sumber pangan yang sangat baik  untuk kesehatan dan kelembutan kulit anda.

 

 

Baca Juga: 

1. Tips Memilih Ikan Rendah Merkuri

2. Begini Ciri-Ciri Ikan Mengandung Formalin

3. Inilah Penyebab Banyak Orang Alergi Terhadap Ikan Tongkol

4. Manfaat Kandungan Gizi Ikan Bagi Anak

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon