Manfaat Ikan Kakap Merah Bagi Kesehatan

October 29, 2018

Ikan kakap merah menjadi salah satu ikan populer dan mahal di pasaran. Di Indonesia sendiri harga ikan kakap merah berkisar Rp 60.000,- per kilonya. Walaupun termasuk sering ditemukan di perairan Indonesia, nyatanya hal itu tidak membuat harga ikan kakap merah turun.

 

Dibalik harganya yang mahal, ikan kakap merah juga termasuk ikan yang memiliki rasa enak serta kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat ikan kakap merah bagi kesehatan.

 Sumber: altoday.com

 

Sumber Vitamin A

Vitamin A termasuk ke dalam jenis vitamin yang larut dalam lemak. Manfaat vitamin A diantaranya adalah menjaga kesehatan indera penglihatan serta dapat menghaluskan kulit. Bentuk vitamin A dapat berupa betakaroten dan retinoid, dan keduanya ada pada kandungan daging ikan kakap merah.

 

Mencegah Terjadinya Tulang Keropos

Selain mengandung vitamin A, ikan kakap merah juga mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin E. Kalsium dan vitamin D berguna untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos. Sementara itu vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah.

 

Mencegah Gigi Berlubang

Selain baik untuk kesehatan tulang pada tubuh, kandungan kalsium dan vitamin D pada ikan kakap merah juga sangat berguna bagi kesehatan tulang gigi.

 

Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Ikan kakap merah juga mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Omega-3 berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol pada darah, sehingga dapat mencegah penyumbatan darah dan menjaga kesehatan jantung.

 

Menjaga Antibodi Tubuh

Ikan kakap merah mengandung salah satu mikronutrien yang berguna bagi tubuh, dan mikronutrien tersebut adalah selenium. Fungsi dari selenium ialah menjaga antibodi pada tubuh, sehingga tubuh tidak gampang terinfeksi oleh penyakit.

 

Selain menjaga antibodi tubuh, selenium juga bermanfaat bagi kesehatan kelenjar tiroid dan dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.

 

Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Stabil

Kandungan kalium pada ikan kakap merah juga cukup tinggi. Kalium sendiri merupakan mineral yang memiliki peran untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil. Dengan mengonsumsi ikan kakap dua kali dalam seminggu, anda sudah dapat memenuhi kebutuhan kalium harian anda.

 

 

Baca Juga:

1. Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan

2. Nutrisi Ikan Kembung Ternyata Lebih Baik Dari Ikan Salmon

3. 10 Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Manusia

4. Manfaat Kandungan Gizi Ikan Buat Anak

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon