Begini Ciri-Ciri Ikan Mengandung Formalin

October 27, 2018

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, banyak orang lebih memilih mengonsumsi ikan. karena ikan sendiri dikenal kaya akan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan.

 

Berbagai jenis ikan dengan harga bervariasi dapat kita jumpai di pasar, sesuai dengan selera masing-masing individu. Namun, tidak semua ikan yang di pasar itu segar dan sehat. Masih banyak penjual nakal yang suka memberi ikan jualannya dengan formalin, agar ikan tetap terlihat segar dan tahan lama.

 

Formalin adalah zat kimia berbahaya yang mengandung senyawa pengawet bernama karsinogen yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat. Penggunaan formalin pada bahan pangan tentu dapat membahayakan kesehatan.

Sumber: detik.com

 

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli ikan di pasar. Ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri ikan yang mengandung formalin.

 

Warna Lebih Cerah

Ikan yang berformalin biasanya memiliki warna yang lebih cerah dari ikan lainnya. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya ciri ikan yang mengandung formalin, karena anda harus melihat ciri lain untuk memastikannya.

 

Maka dari itu, ketika hendak membeli ikan, lebih baik beli ikan yang berwarna tidak terlalu cerah, dan juga tidak terlalu gelap.

 

Daging Ikan Mudah Hancur

Tubuh ikan yang mengandung formalin akan terlihat bersih dan terasa kaku karena ikan sudah mengalami proses pengawetan.  Tekstur ikan juga akan terlihat keras, namun saat ikan dipotong, daging akan mudah hancur.

 

Tidak Berbau Amis

Kita tahu bahwa ikan memiliki bau amis yang khas. Nah, ikan yang berformalin biasanya tidak menimbulkan bau layaknya ikan pada umumnya. Walaupun terlihat masih segar, ikan yang berformalin memiliki bau yang aneh.

 

Reaksi formalin terhadap ikan juga membuat lalat tidak mau hinggap pada ikan. Maka, jika anda melihat ikan yang tidak dihinggapi lalat, kemungkinan besar ikan tersebut mengandung formalin.

 

Insang Berwarna Merah Gelap

Meskipun terlihat segar, ikan berformalin dapat anda ketahui dengan cara memerhatikan bagian insangnya. Jika insang pada ikan memiliki warna merah kegelapan, maka ikan itu kemungkinan besar mengandung formalin.

 

 

Baca Juga:

1. Inilah Penyebab Banyak Orang Alergi Terhadap Ikan Tongkol

2. Nutrisi Ikan Kembung Ternyata Lebih Baik Dari Ikan Salmon

3. Ikan Nila Bisa Sebabkan Kanker? Begini Penjelasannya

 

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon