Adaptasi Tingkat Tinggi Ikan Mas Serta Cara Budidayanya

October 24, 2018

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak, membuat ikan mas tak jauh dari selera masyarakat.

Sumber: dailymail.co.uk

 

Fakta unik lain dari ikan mas adalah ikan mas memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Bahkan menurut laporan, ikan mas mampu hidup tanpa oksigen berbulan-bulan lamanya, serta dapat menoleransi kadar alkohol tinggi pada tubuhnya.

 

Keistimewaan ikan mas ini terungkap melalui hasil penelitian yang dilakukan oleh Catherine Fagernes dari Universitas Oslo dan Michael Berenbrink dari Universitas Bristol serta anggota timnya yang dipublikasikan di Scientific Report

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa saat musim dingin dengan keadaan oksigen yang minim, ikan mas mampu mengubah karbohidrat menjadi oksigen dan alkohol.

 

Metabolisme unik ini dapat terjadi disinyalir karena adanya enzim pada ikan mas yang bekerja mirip seperti ragi pada proses pembuatan tape dan bir.

 

Diungkapkan juga bahwa cara adaptasi ikan mas ini sudah ada sejak 8 juta tahun yang lalu. Proses itu disebut dengan "whole genome duplication".

 

Dengan tingkat adaptasi yang luar biasa ini, ikan mas juga menjadi salah satu komoditi yang pantas untuk dibudidayakan.

 

Jika anda berminat untuk melakukan budi daya ikan mas, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan guna mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

 

Pembenihan Ikan Mas

Tahap awal untuk memulai usaha budi daya ikan mas adalah memilih bibit atau calon indukan yang unggul. Ciri bibit ikan mas yang unggul adalah memiliki ciri fisik sehat dan tidak cacat, tidak terindikasi penyakit dan jelas asal usulnya.

 

Bibit ikan mas yang siap untuk dilakukan pembesaran di kolam adalah bibit ikan mas yang sudah memiliki panjang tubuh 10-12 cm dengan bobot 80-100 gr per ekor.

 

Sebelum memutuskan membeli bibit ikan mas, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu dengan membaca beberapa referensi yang ada.

 

Penebaran Bibit Ikan Mas Pada Kolam Pembesaran

Pembesaran ikan mas pada kolam berlangsung selama 2 hingga 3 bulan. Usahakan bibit yang ditebar memiliki ukuran yang sama, agar pertumbuhan ikan mas seragam. Cara penebaran juga perlu diperhatikan agar bibit ikan mas tidak mengalami stres dan mati.

 

Berikut cara penebaran ikan mas yang baik.

  1. Bibit dari penampungan terlebih dahulu dimasukkan ke wadah baskom

  2. Kemudian miringkan baskom berisi bibit ikan mas ke dalam kolam sambil dicelupkan

  3. Biarkan air kolam sedikit demi sedikit bercampur dengan air yang ada di baskom

  4. Biarkan selama satu jam agar bibit ikan mas dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bibit kemudian akan perlahan berpindah dari baskom ke kolam dengan sendirinya.


Pemberian Pakan

Demi menunjang keberhasilan panen ikan mas, pakan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Dengan dosis yang tepat, tentu pertumbuhan ikan akan menjadi lebih baik.

 

Pakan ikan mas yang baik ialah pelet dengan kadar protein sebesar 25 persen. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari, yaitu pada pagi, siang dan sore.

 

Lakukan penimbangan bobot ikan mas dua minggu sekali, hal ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan ikan mas hingga siap panen. Bobot ikan mas siap panen adalah 3-4 ons per ekor.

 

Pengelolaan Air Kolam

Air kolam merupakan habitat utama bagi ikan mas yang dibudi daya. Oleh sebab itu, keadaan air menjadi peran penting dalam perkembangan ikan mas.

 

Jika air mulai kotor dan berbau, sebaiknya segera diganti dengan air bersih. Perhatikan pemberian pakan agar tidak berlebih, karena sisa pakan yang tak termakan akan menyebabkan air kolam cepat kotor,

 

Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Ikan Mas

Hama dan penyakit merupakan faktor yang dapat membuat kerugian bagi para pengusaha budi daya ikan mas. Maka dari itu, perlu penanganan yang tepat guna mencegah hal tersebut.

 

Usaha awal yang relatif murah ialah dengan melakukan pencegahan. Salah satu caranya pencegahan adalah dengan memerhatikan kebersihan kolam ikan mas.

 

Pemanenan Ikan Mas

Setelah ikan mas sudah memiliki bobot 3-4 ons per ekornya, hal itu menandakan bahwa ikan mas sudah siap dipanen. Namun, hal ini tergantung dengan permintaan pasar.

 

Walaupun demikian, anda tetap harus memperhitungkan untung serta ruginya usaha anda. Karena, jika dilakukan proses pembesaran lagi tentu hal itu akan memakan waktu dan biaya yang lebih.

 

Sebab, ikan mas yang sudah berumur di atas 3 bulan akan memerlukan pakan dengan jumlah yang lebih banyak dan tentunya memakan biaya yang lebih banyak pula.
 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon