Raih Keuntungan Luar Biasa Dengan Budi daya Ikan Arwana

October 24, 2018

Apakah anda hobi memelihara ikan? Jika iya, tentu tidak asing lagi dengan ikan arwana. Selain sarana untuk menyalurkan hobi, memelihara ikan arwana juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi tuannya.

 

Bahkan, para penggila ikan hias percaya ada jenis ikan arwana yang dianggap sebagai spesialis penolak bala, yaitu ikan arwana jenis Golden Red Arwana. Beberapa versi juga menyebutkan bahwa ikan arwana jenis Golden Red ini mampu mendatangkan kesembuhan bagi pemiliknya yang sedang sakit. Benar atau tidak, tergantung kepercayaan masing-masing.

 

Sumber: nationalgeographic.com

 

Hobi memelihara ikan arwana ini dulunya hanya diperuntukkan bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas. Namun, semenjak maraknya sosial media yang begitu gencar memberitakan serta mempromosikan ikan arwana, akhirnya muncullah para penghobi dari beragam kalangan dan usia.

 

Hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan arwana karena ikan arwana dikenal stabil dalam hal tren. Hal ini disebabkan karena harga ikan arwana memiliki harga yang stabil di pasaran.

 

Tak hanya itu, para penghobi juga memanfaatkan ikan arwana sebagai barang investasi. Dari situlah, muncul ide untuk membudidayakan ikan arwana yang menghasilkan keuntungan besar.

 

Bagi anda yang ingin terjun ke dalam bisnis budi daya ikan arwana, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

 

Mempersiapkan tempat penangkaran

Hal utama yang harus anda perhatikan adalah tempat penangkaran. Atur akuarium seperti layaknya kolam dengan cara memberikan banyak batu. Hal ini dilakukan agar ikan arwana betah serta dapat bertahan hidup lama.

 

Ikan yang tidak betah pada tempat tinggalnya akan mudah mati atau tidak akan mau berkembang biak. Jika hal itu sampai terjadi, tentu anda sendiri yang akan merugi mengingat sudah mengeluarkan biaya mahal.

 

Menjaga Karakteristik Air

Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah karakter air akuarium. Usahakan air akuarium selalu dalam keadaan jernih dan terus mengalir. Dengan begitu, anda harus membuat filter pada akuarium. Selain kejernihan air, pH juga harus diperhatikan secara rutin. Atur sebisa mungkin kadar pH dalam air yaitu 6 atau 7, jangan kurang atau lebih karena hal itu akan mempengaruhi kondisi ikan arwana.

 

Suhu air juga menjadi pertimbangan agar budi daya ikan arwana anda berhasil. Usahakan suhu air stabil pada 26 hingga 30 derajat celcius. Ikan arwana juga memiliki karakter yang suka cahaya, sehingga anda harus menerangi akuarium jika posisi akuarium tertutup atau kurang cahaya.

 

Memilih Jenis Ikan Arwana

Jenis ikan arwana sangat banyak, untuk itu anda tidak boleh salah pilih. Jika anda memiliki modal yang besar serta mengharapkan keuntungan yang besar, maka anda bisa memilih Arwana Super Red.

 

Saat ini, harga ikan Arwana Super Red dewasa berkisar Rp 5.000.000,- hingga Rp 17.000.000,- per ekornya dengan harga benih berkisar Rp 800.000,- hingga Rp 2.000.000,-.

 

Pembesaran Benih

Untuk pembesaran benih dibutuhkan waktu hingga ikan arwana berukuran 12 cm dengan memberi pakan berupa cacing darah. Jika sudah berukuran 12 cm atau hampir dewasa, ikan arwana harus dipisahkan dari ikan kecil, hal ini dilakukan agar ikan dewasa tidak memakan ikan yang masih kecil.

 

Proses Pemeliharaan

Pemberian pakan ikan arwana dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pakan yang diberikan berupa campuran pellet dan pakan hidup, contoh udang, kepiting kecil dan katak.

 

Perbedaan jenis kelamin ikan arwana akan diketahui saat ikan arwana memasuki usia 3-4 tahun dengan panjang tubuh sekitar 45-60 cm. Cara membedakan jenis kelamin ikan arwana terletak pada ukuran tubuh. Ikan arwana jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping sedangkan ikan arwana betina memiliki bentuk tubuh yang lebar dan gemuk sedikit oval.

 

Pemanenan

Untuk proses pemanenan, anda harus selalu hati-hati demi menjaga bentuk fisik ikan arwana. Penting untuk menjaga kondisi ikan arwana agar tidak cacat, karena hal itu akan mempengaruhi harga jual ikan arwana.

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon